penyebab, gejala, pengobatan rhinitis oleh Kesehatan SegiEmpatRhinitis adalah penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Meskipun terlihat sepele, namun Anda harus mengetahui pengobatan rhinitis. Karena penyakit ini termasuk dalam salah satu penyakit yang cukup mengganggu.

Rhinitis terjadi setelah mukosa hidung terkena allergen. Selain itu, penyakit ini juga bisa terjadi karena serbuk sari, yang kemudian disebut dengan pollinosis. Beberapa gejala dari rhinitis adalah hidung tersumbat, bersin, hidung meler dan juga hidung gatal.

Meskipun penyakit ini tidak memandang umur, namun penyakit ini paling sering terjadi pada anak-anak ataupun ketika mereka menjelang dewasa. Tapi jika usia semakin bertambah, maka tingkat keparahan penyakit ini juga akan berkurang.

  • Penyebab Penyakit Rhinitis

Beberapa hal yang menyebabkan rhinitis adalah masalah gen, asma, usia dan alergi lain. Selain itu, rhinitis juga biasanya terjadi karena spora jamur, jamur, serbuk sari pohon, serbuk sari gulma dan serbuk sari pohon. Rhinitis juga berpotensi terjadi pada pria dan akan sulung.

  • Gejala Rhinitis

Tiap orang memiliki gejala yang berbeda, tergantung dari substansi alerginya. Namun pada umumnya, gejala penyakit ini adalah tenggorokan gatal, bersin, mata berair, pilek dan hidung gatal. Namun jika lebih parah, maka orang tersebut akan mengalami sakit kepala, berkeringat, sakit pada wajah, kehilangan rasa dan bau serta rasa gatal pada beberapa bagian tubuh seperti hidung, tenggorokan dan telinga. Yang lebih parah adalah rhinitis juga bisa menyebabkan insomnia, kelelahan dan mudah marah. Dan untuk penderita asma, dia akan mengalami sesak napas yang lebih parah.

  • Diagnosa serta Cara Pengobatan Rhinitis

Penyakit ini bisa didiagnosa dengan tes darah dan uji kulit. Jika ternyata positif, maka penderitanya bisa menggunakan beberapa jenis pengobatan rhinitis seperti obat tetetas mata, immunotheraphy, kortikosteroid oral, nasal kortikosteroid dan antihistamin tablet atau semprotan.  Selain itu, pasien juga bisa melakukan terapi alternatif.

Namun semua hal tersebut harus dilakukan dengan kecocokan atau kebutuhan. Dan akan lebih baik jika pengobatan dikonsultasikan dengna dokter. Namun yang tidak kalah penting adalah penderita harus tetap sabar dan telaten dalam berobat. Karena penyakit rhinitis biasanya membutuhkan waktu lama untuk bisa sembuh.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY