latihan aerobik menurunkan berat badan oleh Kesehatan SegiEmpatLatihan aerobik adalah salah satu jenis latihan yang sering digunakan untuk menurunkan berat badan. Latihan aerobik adalah latihan yang dilakukan dengan durasi yang panjang dan melatih tubuh untuk mengendalikan kebutuhan oksigen. Beberapa latihan yang termasuk dalam latihan aerobik adalah marathon, lari jarak jauh atau senam aerobik.

Karena durasinya yang panjang, maka latihan ini tidak dilakukan dengan intensitas tinggi. Latihan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi paru-paru dan jantung agar kedua organ tersebut bisa lebih baik.

Agar program penurunan berat badan Anda bisa lebih cepat dan efektif, maka yang harus Anda lakukan adalah meningkatkan kemampuan aerobik tubuh sehingga tubuh bisa membakar lebih banyak banyak. Adapun tips untuk meningkatkan kapasitas aerobik tubuh adalah:

  • Frekuensi Latihan

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan kapasitas aerobik adalah dengan melakukan latihan sebanyak 3 hingga 5 kali dalam seminggu.

  • Intensitas Latihan

Hal berikutnya adalah memperhatikan intensitas latihan. Intensitas latihan ini bisa dilihat dari denyut jantung selama Anda latihan. Jika denyut jantung dibawah 130 kali per menit, maka Anda melakukan latihan dengan intensitas ringan. Jika denyut jantung sekitar 130 hingga 160 kali per menit, berarti Anda melakukan latihan dengan intensitas sedang. Namun jika denyut jantung Anda mencapai angka 170 kali per menit, berarti Anda melakukan latihan intensitas tinggi dimana latihan ini dikategorkan dengan latihan anaerobik. Jika Anda tidak bisa menghitung denyut nadi, maka Anda bisa menggunakan tes bicara. Caranya adalah, bicaralah saat latihan. Jika Anda bicara dengan lancar, berarti Anda melakukan latihan intensitas ringan atau sedang. Namun jika Anda bicara dengan terputus-putus, berarti Anda melakukan latihan intensitas tinggi.

  • Waktu Latihan

Untuk melakukan latihan aerobik, sebaiknya Anda melakukannya selama 20 hingga menit menit. Latihan yang kurang dari 20 menit tidak akan membakar lemak sedangkan latihan yang lebih dari 60 menit beresiko mengakibatkan cedera dan overtraining.

  • Jenis Olahraga

Ada beberapa jenis latihan yang bisa meningkatkan kapasitas paru-paru dan jantung seperti berlari, berenang atau bersepeda. Anda hanya perlu memilih salah satunya.

  • Pemilihan Jenis Latihan

Pastikan kalau Anda memilih yang latihan yang Anda sukai sehingga tidak akan membuat Anda merasa bosan. Jangan melakukan sebuah latihan hanya karena terpaksa atau ikut-ikutan. Ingatlah kalau Anda yang akan melakukan latihan tersebut.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY