Metode diet yang mungkin paling digemari saat ini adalah OCD merupakan metode diet yang diperkenalkan oleh Deddy Corbuzier. Namun ternyata metode diet ini bisa menjadi sangat berbahaya dr. Samuel Oentoro, Sp.GK, yang merupakan ahli gizi dari MRCCC.

Metode diet ini menjadi sangat terkenal karena menawarkan cara mudah untuk diet, yaitu dengan berpuasa selama beberapa jam dan kemudian bebas makan beberapa jam kemudian. Metode ini telah terbukti, setidaknya pada Deddy Corbuzier.

Beliau tidak memberikan toleransi kepada metode diet yang seperti ini, apapun alasannya. Karena melakukan hal seperti ini akan mengakibatkan perubahan pada metabolisme hormon dan memberi dampak yang tidak baik untuk pertumbuhan.

dampak buruk OCD oleh Kesehatan SegiEmpatSelain itu beliau juga mengatakan bahwa sistem jendela makan, dimana seseorang bebas untuk makan, bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh seseorang. Karena pada saat itu, seseorang akan makan apa saja yang mereka mau.

Meskipun kemudian seseorang sukses menurunkan berat badannya karena metode diet tersebut, tetapi ternyata penurunan yang terjadi tidak seperti yang diharapkan. Beliau kemudian mengungkapkan “jadi, kalau hasil timbangan turun cepat, yang turun air dan otot. Padahal targetnya lemak.”

Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa metode ini mungkin bisa membuat seseorang terlihat awet muda. Padahal hal itu terjadi karena metode diet ini akan membuat produksi hormon pertumbuhan meningkat, dimana hormon tersebut yang membuat tubuh mengalami regenerasi. Cara ini mungkin berhasil, namun produksi hormon pertumbuhan hanya terjadi pada hari pertama dan kedua.

Namun ternyata, bukan hanya hormon pertumbuhan yang diproduksi oleh metode diet tersebut. Metode diet OCD juga akan memproduksi hormon stres, dimana hormon akan membakar protein yang terdapat di dalam tubuh.

Jika metode diet OCD ini dilakukan oleh remaja yang sedang membutuhkan asupan gizi, maka bisa jadi pertumbuhannya akan terganggu. Hal ini terjadi terjadi karena cara makan yang salah membuat metabolisme tubuh terganggu.

Oleh karena itu, beliau menyarankan beberapa cara yang lebih baik untuk mendapatkan hidup sehat dan berat badan yang ideal. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan mengubah pola makan. Selain itu Anda juga harus memilih makanan yang lebih sehat. Namun sebenarnya, kunci utamanya adalah niat dari orang tersebut. Karena tanpa niat dan pola pikir yang baik, maka orang tersebut akan kesulitan untuk mendapatkan hidup sehat dan berat badan yang ideal.

* * * * *
Buku Formula Cinta

2 COMMENTS

  1. memang ini sangat kontroversial, karena banyak orang bilang ini adalah puasa TAPI ini bukan puasa melainkan tidak makan. karena jika puasa aturannya adalah jelas bahwa ada sahur dan buka.
    diet sehat ala pola makan Rasulullah adalah pilihan terbaik. di dalam teori OCD deddy melarang untuk sarapan sedangkan kebiasaan Rasul adalah sarapan dengan kurma…
    setiap orang mungkin beda2 karena kebiasaan deddy tidak sama dengan orang kebanyakan…

  2. Mas deddy nya juga bilang metodenya itu hampir mirip puasanya Nabi Daud kok….
    Kalo berdampak buruk harusnya Nabi Daud ga akan dapet julukkan Nabi yang terkuat sepanjang masa dong!

LEAVE A REPLY