kanker prostatKaum perempuan umumnya mempunyai penyakit yang spesifik seperti kanker payudara atau kanker rahim, demikian juga dengan pria, mereka juga memiliki penyakit khusus yaitu kanker prostat. Kanker prostat umumnya menyerang pria dewasa dengan varian usia di atas 40 tahun, dengan resiko kematian yang cukup tinggi.

Sama seperti jenis kanker lainnya, prostat bisa hadir begitu saja tanpa identifikasi yang jelas. Biasanya, penderita prostat mengeluh gejala buang air kecil yang terlalu sering dan sulit dikontrol. Sebaiknya para pria dewasa memang perlu memperhatikan dirinya sesering mungkin, sehingga bila ada perubahan pola prilaku tubuh gampang diketahui.

Prostat adalah kelenjar yang terdapat dalam rongga alat reproduksi pria, terletak di pangkal saluran kemih dan sebelum kantung kemih. Kelainan pada prostat dapat menyebabkan berbagai gangguan terhadap sejumlah fungsi yang berhubungan dengan alat reproduksi pria.

Ketika sel prostat mengalami mutasi dan berkembang di luar kendali, inilah yang menyebabkan terjadinya pembentukan kanker. Sel-sel ini menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lainnya seperti tulang.

Umumnya penderita kanker prostat akan mengalami rasa sakit, kesulitan buang air kecil serta disfungsi ereksi, yang ujung-ujungnya akan berakibat fatal bagi keharmonisan hubungan suami istri. Itu sebabnya mengapa para pria sangat khawatir akan penyakit yang satu ini.

Namun sebagian penderita kanker prostat terlambat melakukan pencegahan dikarenakan timbul rasa malu karena penyakit tersebut menyerang alat vital pria. Padahal bila cepat ditangani penyakit ini bisa disembuhkan dan akan kembali normal seperti semula.

Sebenarnya, baik kanker prostat maupun penyakit lainnya akan menyerang tubuh apabila zat-zat yang diperlukan oleh tubuh mengalami kekurangan, seperti protein, vitamin, mineral dan zat-zat penting lainnya. Terutama pada saat tubuh mengalami penurunan system imun karena pada saat itu bakteri dan virus akan mudah masuk dan menyerang pertahanan tubuh.

Faktor yang paling penting yang harus diperhatikan oleh pria terutama pria dewasa bila ingin terhindar dari kanker prostat adalah dengan menjaga pola makan, berolahraga cukup serta memperbanyak konsumsi air putih, sayur dan buah. Dan juga memperhatikan waktu istirahat yang cukup. Sehingga tubuh memiliki kesempatan untuk rileks.

Mengkonsumsi Buah dan sayur yang memiliki kandungan nutrisi dan zat anti radikal bebas yang tinggi, seperti buah-buahan berwarna merah seperti tomat, semangka, buah naga merah, apel, jambu biji, cery acerola, strawberry, delima dan jeruk bali sangat bagus dikonsumsi untuk mencegah terjadinya pembiakan sel prostat dan juga sel kanker. Buah berwarna merah mengandung lycopene dan ellagic acid yang penting untuk menjaga kesehatan DNA, prostat dan antioksidan.

Selain banyak mengkonsumsi buah dan sayur penelitian juga menunjukkan bahwa proses ejakulasi memungkinkan keluarnya cairan sperma yang bersifat racun atau karsinogenik. Sehingga secara tidak langsung dapat melindungi dari penyebab kanker prostat. Jadi, dengan ejakulasi baik dari hubungan seksual mau pun dengan masturbasi, tubuh bisa melakukan pembersihan dan pengeluaran zat beracun melalui sperma.

Olah raga rutin juga merupakan salah satu cara ampuh untuk mencegah prostate dan penyakit lainnya. Dengan berolah raga sirkulasi dalam tubuh menjadi lebih baik sehingga system kekebalan tubuh dan energi akan meningkat. Mengkonsumsi saw palmetto juga dapat membantu pencegahan terjadinya kanker prostat, ini karena sifat afrodisiak yang terdapat dalam kandungan buah palmetto yang mampu meningkatkan funsi seksual dan libido.

Selain itu zat ini juga bisa menjaga keseimbangan hormone dalam kelenjar prostat serta merawat kondisi system genital dan saluran kencing pria, mulai dari disfungsi ereksi sampai berkurangnya mobilitas sperma.

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

LEAVE A REPLY