Penyakit yang Menyebabkan Mata Kering oleh SegiEmpatSalah satu organ yang paling penting untuk Anda jaga kesehatannya adalah mata. Jika tidak, ada berbagai masalah yang bisa menyerang Anda, seperti misalnya mata kering. Ada beberapa hal yang menyebabkan mata menjadi kering, salah satunya adalah kurangnya omega-3.

Selain itu, ada bebera penyakit yang juga bisa menyebabkan mata menjadi kering. Seperti yang dilansir Daily Mail, berikut ini adalah penyakit yang menyebabkan mata menjadi kering :

Sindrom Sjogren

Seorang ahli penyakit mata dari Swedia Henrik Sjogren (1899-1986) adalah orang yang pertama kali memaparkan penyakit ini. Penyakit ini kemudian dinamakan seperti namanya. Penyakit ini adalah suatu gangguan autoimun. Sindrom ini akan menyebabkan sel pertahanan tubuh manusia menyerang serta menghancurkan kelenjar eksokrin yang merupakan tempat produksi air liur dan air memproduksi air mata dan liur. Sebanyak 90 persen dari jumlah kasus penyakit ini memiliki faktor rheumatoid positif sehingga sindrom ini selalu dihubungkan dengan kelainan rheumatik seperti arthritis rheumatoid. Gejala utama pada sindrom ini adalah kekeringan mata dan mulut. 

Berhentinya Siklus Haid

David Allamby, seorang ahli bedah mata dan direktur medis dari Klinik Fokus Laser Eye di London mengatakan bahwa menopause akan menyebabkan perubahan tingkat hormon dan mempengaruhi mekanisme pelumasan mata.

Penyebab mata menjadi kering adalah kurangnya cairan yang bisa digunakan untuk membersihkan seluruh permukaan mata.

Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata kering. Dalam memilih tetes mata, sebaiknya Anda mencari yang tidak menggunakan pengawet benzalkonium klorida karena zat tersebut dapat menyebabkan iritasi. Anda dapat mengetahuinya dengan melihat tulisan di belakang kemasan.

Ada dua makan obat tetes mata, yaitu yang tanpa bahan pengawet dan yang menggunakan bahan pengawet. Yang tidak menggunakan pengawet, hanya bisa digunakan sekali saat dibuka atau tidak lebih dari sehari. Sedangkan tetes mata yang mengandung bahan pengawet dapat digunakan berkali-kali karena menggunakan pengawet untuk menghambat bakteri. Cara lain untuk mengatasi mata kering adalah mengkonsumsi suplemen yang mengandung omega 3, 6 dan 9.

Keratitis

Gangguan ini menyebabkan kornea menjadi keruh dan biasa diklasifikasikan dalam lapisan yang terkena seperti intertitisial, keratitis superficial dan profunda. Gangguan ini terjadi karena masuknya sel penyebab radang ke dalam kornea.

Mata kering adalah salah satu penyebab dari penyakit ini. Penyakit ini menimbulkan gejala mata gatal, seperti ada kotoran dan perih.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY