Salah satu gangguan yang dapat terjadi pada mata adalah juling atau strabismus. Dimana gangguan ini merupakan gangguan letak antara dua mata yang tidak seimbang. Saat seseorang mengalami kondisi ini, salah satu mata akan melihat lurus sedangkan mata lainnya akan melihat ke arah lain, yaitu ke arah dalam, ke arah luar, ke bawah atau ke atas. Meskipun penyebab pasti mata juling belum diketahui, namun biasanya penderita mata juling juga memiliki riwayat mata juling dalam keluarganya.

Pada dinding luar bola mata, mata memiliki 6 otot yang melekat. Semua otot mata harus bekerja secara seimbang untuk mengatur dan memfokuskan suatu objek. Otot mata pada masing-masing mata harus terkoordinasi untuk dapat menggerakan kedua mata. Kegiatan koordinisai ini dikontrol oleh otak.

Akan ada dua gambar yang dikirimkan ke otak ketika kedua mata memandang tidak searah. Hal ini akan menyebabkan timbulnya penglihatan ganda pada orang dewasa. Sedangkan otak anak kecil belajar untuk tidak menghiraukan gambaran dari mata yang melihat ke arah lain dan hanya melihat dengan menggunakan mata yang normal. Kemudian, anak akan mengalami kehilangan jarak, persepsi, kedalaman dan ukuran.

Untuk dapat melindungi fungsi penglihatan dan meluruskan mata adalah maksud dari penanganan strabismus. Setelah seorang dokter memeriksa kondisi mata dari pasiennya, maka dia akan menentukan penanganan untuk menyembuhkan mata juling.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menangani mata juling :

> Penggunaan kacatama

Penggunaan kacamata dapat dilakukan untuk memperbaiki posisi mata sehingga dapat menormalkan penglihatan jika strabismus (juling) disebabkan oleh kelainan refraksi.

> Menggunakan penutup mata

Dokter akan merekomendariskan untuk melatih mata yang lemah, jika seorang anak menderita strabismus (juling) dengan ambliopia, dengan cara menutup mata yang normal dengan plester mata khusus (eye patch). Penggunaan plester mata tersebut haruslah dilakukan saat anak-anak masih kecil dan harus mengikuti petunjuk dari dokter. Biasanya, hal tersebut akan dianggap terlambat ketika seorang anak telah berusia 8 tahun karena sebelum usia 8 tahun, terjadi perkembangan penglihatan yang terbaik.

> Mengontrol pergerakan mata dengan operasi

Agar mata kelihatan lurus, maka hal ini sering dilakukan. Seorang anak biasanya akan diberi penutup mata atau kacamata untuk mendapatkan penglihatan yang terbaik sebelum dilakukan tindakan operasi.

Oleh orang dewasa yang mengalami strabismus (juling), mereka berpikir bahwa untuk dapat menghilangkan masalah mereka, tidak ada hal yang dapat dilakukan atau kalaupun dilakukan operasi maka hal itu akan sangat beresiko. Namun, pada kenyataannya, hampir 80 % pasien strabismus dewasa mencapai kesegarisan mata (lurus) hanya dengan sekali operasi.

Selain itu, resiko yang relative kecil dengan komplikasi serius yang sangat jarang, dimiliki oleh operasi strabismus (juling) pada orang dewasa. Meskupun telah lama menderita strabismus (mata juling) sebagian besar penderita dewasa dapat mengalami sejumlah perbaikan fungsi binokular. Meluasnya lapangan pandang binocular adalah perbaikan yang dilakukan pada operasi ini. Penglihatan 3 dimensi atau stereopsis juga akan dimiliki oleh sebagian pasien. Jadi, operasi strabismus pada orang dewasa bukan hanya sekedar operasi kecantikan atau ketampanan, namun juga berbagai keuntungan psikologis dan interpersonal juga dapat diperoleh.

Loading...

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY