Ingin Mata Lebih Sehat Konsumsi Makanan IniMata Anda akan terlihat lebih cerah, terhindar dari berbagai penyakit mata seperti degenerasi macular, katarak, serta beberapa keluhan mata lainnya karena beberapa jenis makanan berikut ini :

  • Telur

Berbagai sumber nutrisi yang sangat baik bagi mata seperti vitamin A, B12 dan D serta lutein, zinc dan cysteine terkandung dalam telur. Antioksidan terbaik yang dapat mencegah katarak dan degenerasi macular adalah zeaxanthin dan lutein yang ditemukan dalam putih telur.

  • Ikan Salmon

Dibandingkan dengan ikan dan hewan laut lainnya, ikan yang satu ini lebih banyak mengandung Omega-3. Dalam sebuah studi telah ditemukan bahwa seseorang akan terhindar dari mata kering dengan rutin mengkonsumsi asam lemak omega-3.

  • Sayur Bayam

Sayur bayam, seperti halnya telur, mengandung banyak zeaxanthin dan lutein. Selain itu, Anda juga dapat mencegah glaucoma dengan mengkonsumsi sayur bayam karena kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya.

  • Bawang putih

Lensa mata akan terlindungi dari radikal bebas seperti sinar UV karena mengandung vitamin B1 dan C serta selenium, quercetin dan glutathione. Sel-sel optic dan imunitas tubuh juga akan lebih terjaga karena bawang putih juga dapat menjaga sirkulasi darah.

  • Wortel

Beta-karoten yang terdapat pada wortel sangat bagus untuk kesehatan mata. Di dalam tubuh, beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A yang memiliki peran penting untuk mata. Tubuh juga akan melepaskan radikal bebas dengan bantuan antioksidan yang terdapat dalam wortel.

  • Sayur Kol

Zeaxanthin dan lutein yang terdapat dalam bayam, juga terdapat dalam kol. Dimana nutrisi tersebut berguna untuk merawat mata. Kedua nutrisi tersebut akan melindungi mata dari pancaran sinar ultraviolet atau memiliki fungsi seperti ‘sunglasses’. Selain itu, resiko untuk terkena katarak akan turun hingga 22 % dengan mengkonsumsi kol.

  • Tomat

Selain baik untuk kesehatan kulit, tomat juga memiliki segudang manfaat untuk mata. Tiga nutrisi yang sangat penting untuk mata yaitu lycopene, vitamin A dan vitamin C terkandung tomat.

  • Buah Alpukat

Dibandingkan dengan buah lainnya, alpukat memiliki kandungan lutein yang paling banyak. Fungsi dari lutein adalah untuk mencegah katarak dan degenerasi makular. Dengan mengkonsusmi alpukat maka vitamin A akan mampu untuk diserap dengan baik oleh tubuh karena juga berperan sebagai penyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten.

  • Dark Chocolate

Ketajaman penglihatan Anda dapat ditingkatkan dengan dark chocolate atau cokelat hitam. Retina dan kornea akan lebih kuat saat Anda mengkonsumsi cokelat hitam karena kandungan flavonoid dapat melindungi pembuluh darah mata. Cokelat hitam murni dapat menjadi pilihan bagi Anda yang tidak menyukai wortel.

  • Biji bunga matahari

Berbagai penyakit yang disebabkan oleh penuaan seperti degenerasi macular dan katarak dapat dicegah dengan vitamin E, selenium dan zinc yang terdapat pada biji bunga matahari. Penyakit photophobia atau sensitivitas mata terhadap cahaya juga dapat diatasi dengan biji bunga matahari yang juga mengandung vitamin B2.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY