Ingin Mata Lebih Sehat Hindari Hal Berikut Ini oleh SegiEmpatHal-hal yang mempengaruhi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan adalah kebiasaan makan, gaya hidup, lingkungan yang tercemar, budaya kerja dan sikap Anda terhadap kesehatan diri sendiri. Anda akan lebih beresiko untuk terkena berbagai penyakit karena pola hidup yang seperti itu akan memberi begitu banyak tekanan pada tubuh Anda. Dan salah satu bagian dari tubuh Anda yang paling sering terkena dampak dari gaya hidup tidak sehat yang mungkin sedang Anda jalani saat ini adalah bagian mata.

Adapun hal-hal yang dapat merusak kesehatan mata Anda adalah :

  • Makanan yang tidak sehat 

Anda akan lebih rentan untuk terkena lebih banyak penyakit mata jika Anda mengikuti pola makan yang tidak sehat dan tubuh Anda tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap menjaga kesehatan mata. Anda akan mengalami kesulitan untuk melihat atau kebutaan di waktu malam dan mata yang terasa kering jika Anda kekurangan Vitamin A. Selain itu, Anda juga akan lebih rentan untuk mengalami penglihatan ganda atau penglihatan jika asupan vitamin B-12 yang masuk ke dalam tubuh Anda rendah.

  • Menghisap batang rokok 

Rokok dapat memberi efek buruk pada kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh. Kesehatan mata Anda juga akan rusak karena kebiasaan merokok tersebut. Makula, yang merupakan bagian sensitive pada retina mata Anda juga akan rusak karena ada banyak bahan kimia yang terdapat di dalam rokok. 

  • Minuman beralkohol 

Mengkonsumsi alcohol yang berlebihan dapat membahayakan tubuh, termasuk diantaranya organ mata. Pengaruh buruk alcohol bagi kesehatan tubuh adalah dapat menyebabkan bagi penglihatan dan kesehatan mata Anda secara menyeluruh. Dengan banyak mengkonsumsi, maka Anda akan mengalami reaksi pupil yang lambat, penurunan sensitivitas kontras, penurunan kinerja visual, mata kemerahan dan sering terkena migrain.

  • Mata yang lelah

Tanpa Anda sadari, terkadang Anda memberi terlalu banyak tekanan pada mata Anda. Anda mungkin sering menonton TV, membaca, bermain video game, bekerja di depan computer atau terus menerus belajar selama beberapa jam tanpa henti. Kebiasaan seperti ini akan menyebabkan mata menjadi lelah sehingga akan memicu terjadinya kerusakan pada mata.

  • Sinar matahari

Sinar ultraviolet yang berasal dari matahari dapat berbahaya bagi kesehatan mata Anda. Sinar UV dapat membuat kornea Anda menjadi terbakar dan lensa retina menjadi rusak. Oleh karena itu Anda dianjurkan untuk selalu menggunakan kacamata hitam setiap kali Anda keluar rumah. Bahaya lain dari sinar UV dapat adalah dapat meningkatkan resiko terjadinya katarak untuk mata Anda.

  • Hipertensi

Jika tidak segera diobati, penyakit hipertensi dapat sangat berbahaya untuk mata. Penyakit hipertensi dapat merusak daerah di belakang mata yang bernama retina. Rusaknya retina karena hipertensi dinamakan retinopati hipertensi.

  • Penyakit gula 

Anda harus berhati-hati akan beberapa penyakit mata seperti retinopati diabetes, dimana retina mata dapat mengalami kerusakan yang parah dan glaucoma jika Anda telah didiagnosis menderita penyakit gula.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Hindarilah hal-hal yang dapat memicu terjadinya kerusakan mata agar kesehatan mata Anda bisa tetap terjaga.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY