Sebuah pepatah mengatakan bahwa “mata adalah jendela hati”. Namun, banyak orang yang ternyata mengabaikan kesehatan matanya.

Penting untuk Anda agar memeriksakan kondisi kesehatan mata secara teratur, terutama bagi Anda yang telah berusia diatas 65 tahun. Setidaknya sekali dalam setahun perlu dilakukan pemeriksaan.

Ketika Anda memiliki penyakit gula atau menunjukkan tanda-tanda awal masalah mata Anda dari penyakit gula, hipertensi ataupun penyebab lainnya, maka dokter akan menyarankan untuk pemeriksaan lebih awal dan melakukan tes lebih sering.

Adapun beberapa cara agar kesehatan mata Anda tetap terjaga, antara lain :

> Menggunakan kacamata pelindung

Seperti halnya Anda melakukan perlindungan terhadap kulit Anda dari sinar matahari dengan SPF dan UV, seharusnya Anda juga melindungi mata Anda dari sinar matahari. Jika Anda tidak menggunakan kacamata hitam, sinar matahari akan menyebabkan katak dan degenerasi macula dari waktu ke waktu, seperti halnya ketika Anda tidak memberikan perlindungan pada kulit Anda. Kerusakan mata yang dapat terjadi adalah karena UV dari matahari menembus retina. Pilihlah kacamata yang memberi perlindungan sebanyak 99 atau 100 persen terhadap sinar UV ketika Anda memilih kacamata pelindung.

> Tidak merokok

Biasanya, merokok dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada organ dalam tubuh. Namun, ternyata, antara merokok dan masalah mata memiliki hubungan langsung. Resiko Anda untuk mengembangkan sejumlah penyakit mata seperti katarak, degenerasi makula, sindrom mata kering, kerusakan saraf optik, dan retinotherapy diabetes akan terjadi ketika Anda seorang perokok.

> Konsumsi alcohol dibatasi

Kesehatan mata akan tidak akan terancam ketika Anda hanya sesekali mengkonsumsi segelas anggur atau koktail. Tetapi, hal ini akan membahayakan mata Anda jika Anda terlalu sering mengkonsumsinya secara berlebihan untuk waktu yang lama. Degenerasi saraf optik, yang dapat mengakibatkan penglihatan berkurang, bintik-bintik buta dan visibilitas warna berkurang terjadi ketika alcohol disalahgunakan. Secara jangka pendek, migraine dapat dipicu oleh konsumsi alkohol sehingga menyebabkan beberapa orang mengalami mata berkunang.

> Kolesterol dan tekanan darah dijaga

Penglihatan Anda akan dipengaruhi dan akan terjadi retinotherapy hipertensi jika tekanan darah tinggi (hipertensi) tidak diobati. Hipertensilah yang menyebabkan retinotherapy hipertensi secara langsung. Selain itu, salah satu hal yang juga penting adalah untuk selalu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Karena penyakit mata vascular disebabkan oleh kadar kolesterol yang tinggi.

> Mengontrol asupan gula jika Anda terkena penyakit gula

Retinotherapy diabetes akan terjadi ketika pemantauan glukosa darah yang berkepanjangan tidak memadai. Hasil dari kerusakan pada retina, yaitu lapisan paling dalam dari mata adalah retinotherapy diabetes. Kebutaan, erosi kornea, katarak, penglihatan ganda, dan pendarahan adalah komplikasi mata lain yang berhubungan dengan diabetes.

> Mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi adalah beberapa makanan yang mengandung antioksidan tidak hanya sangat baik untuk kesehatan mata, tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Melindungi dan memperbaiki sel-sel dari kerusakan seperti infeksi sehingga menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat adalah beberapa fungsi dari antioksidan. Adapun buah-buahan yang sebaiknya Anda pilih karena banyak mengandung antioksidan adalah buah yang berwarna-warni seperti keluarga berri (blueberry, strawberry), tomat, buah plum, apel, wortel, anggur dan lainnya.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY