Waspadalah Jika Darah Haid Terlalu BanyakSalah satu gangguan kesehatan serius yang mungkin dialami oleh kaum wanita adalah gangguan haid polimenorea. Keluarnya darah haid yang lebih banyak dari biasanya adalah ciri-ciri dari gangguan kesehatan polimenorea.

dr Trika Irianta, spOG yang merupakan seorang dokter spesialis obstetri dan ginekologi memberi penjelasan polimenorea berasal dari kata poli yang berarti banyak dan menorea yang berarti haid. Jadi pada saat jumlah darah yang keluar pada saat Anda baik lebih banyak dibanding biasanya maka hal tersebut bisa dicuragai sebagai gangguan haid polimenorea.

Untuk lebih jelasnya, penjelasannya adalah sebagai berikut, jika kondisi Anda normal maka Anda hanya membutuhkan tiga hingga lima bungkus pembalut untuk menyerap darah haid Anda dalam sehari. Namun, jika Anda menderita gangguan haid polimenorea jika darah haid sangat banyak hingga membutuhkan penyerapan lebih dari lima pembalut dalam sehari.

dr Trika menjelaskan “jika terjadi perubahan pola haid di mana darah yang keluar lebih banyak, wanita harus waspada. Segeralah ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.”

Menurut dr. Trika, gangguan pada endometrium, yaitu penebalan endometrium adalah salah satu hal yang bisa menjadi penyebab dari gangguan polimenorea. Gangguan hormonal adalah penyebab dari penebalan endometrium. Keganasan pada dinding rahim adalah hal lain yang menjadi faktor penyebab gangguan polimenorea.

Dengan melihat penyebab dari gangguan polimenorea maka dapat diketahui apakah gangguan tersebut berbahaya atau tidak. Karena penebalan endometrium ada yang bersifat jinak dan ada juga juga ganas.

dr. Trika menjelaskan “jika polimenorea disebabkan penebalan endometrium jinak, tentu dampaknya wanita jadi kurang darah. Kalau kondisi kurang darah itu berkepanjangan bisa mengalami gagal jantung, tentu saja membahayakan jiwanya.”

Beliau menjelaskan lebih lanjut, bahaya keganasan dari gangguan polimenorea bisa menyebar ke tempat lain seperti tulang dan paru-paru jika penebalan endometrium terjadi karena keganasan.

Pola haid seorang wanita dapat digunakan untuk mengetahui kapan wanita harus mewaspadai adanya gangguan haid. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk bisa mendiagnosa penyebabnya jika pola haid Anda berubah tidak seperti biasanya, waktu pendarahan menjadi lebih panjang dan darah lebih banyak keluar.

dr Tika menandaskan “sebab, berubahnya pola haid karena banyak faktor. Selain faktor yang telah disebutkan, kanker mulut rahim bisa juga menyebabkan darah haid banyak.”

Dapat dilakukan uji laboratorium misalnya pemeriksaan estrogen atau progesteron jika masalahnya adalah hormon. Namun jika penyebab dari gangguan tersebut bukan karena hormone maka Anda harus melakukan pap smear untuk mengetahui adanya gangguan pada mulut rahim sehingga dapat dilakukan. pencegahan dini terhadap kemungkinan kanker serviks.

Pemeriksaan ultrasonografi (USG) adalah cara untuk memantau penebalan endometrium. Jika dalam pemeriksaan ini ditemukan penebalan endometrium, maka harus dilakukan kuret untuk mengetahui apakah jenisnya ganas atau jinak.

dr Trika menegaskan penyembuhan penebalan endometrium tergantung dari penyebabnya. Jika penebalan endometrium terjadi karena kanker, maka harus segera dilakukan pengangkatan.

Namun, jika penebalan endometrium masih jinak, maka Anda harus teratur untuk berobat ke dokter untuk melihat adanya perubahan, apakah penebalan tersebut semakin membaik atau makin memburuk.

Kesuburan seseorang juga dipengaruhi oleh gangguan polimenorea. dr Trika menjelaskan “artinya kalau ada polimenorea, sudah ada gangguan struktur anatomi organ, bisa karena endometrium atau hormonalnya. Kalau endometrium tidak baik maka tidak akan bisa hamil. Hormon nggak baik juga tidak bisa hamil.”

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY