Seperti halnya alat kelamin wanita dewasa,  alat kelamin seorang anak perempuan juga sangat rentan untuk mengalami iritasi, gatal dan infeksi. Oleh karena itu, seorang ibu yang memiliki anak perempuan harus tahu cara mencegah serta mengatasi masalah kesehatan alat kelamin yang terjadi pada anak perempuannya.

Seperti yang dilansir dari what to expect, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan alat kelamin balita Anda :

 

merawat kelamin balita oleh Kesehatan SegiEmpatTidak Menggunakan Produk yang Bisa Memicu Terjadinya Iritasi

Beberapa produk yang dapat meningkatkan resiko terjadinya iritasi pada alat kelamin wanita adalah krim, minyak, tisu, wewangian beralkohol dan tisu.

Selain itu, sebaiknya Anda juga tidak membiarkan buah hati Anda terkena busa yang berlimpah, karena hal tersebut dapat membuatnya teriritasi serta terjadi infeksi pada saluran kemih.

Menjaga Kelembaban Alat Kelamin

Salah satu hal yang bisa membuat alat kelamin buah hati teriritasi adalah pakaian dan popok yang lembab dan basah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari keadaan seperti itu. Dalam memilih pakaian untuk buah hati Anda, sebaiknya Anda menggunakan bahan yang mudah menyerap keringat. Karena keringat yang tertahan di daerah kelamin buah hati Anda juga beresiko menyebabkan terjadinya iritasi.

Mengusap dengan Benar

Untuk menghindari penyebaran bakteri penyebab infeksi, sebaiknya Anda membersihkan alat kelamin buah hati Anda dari arah depan ke belakang.

Memeriksa Setiap Celah

Jangan lupa untuk membersihkan setiap celah di sekitar alat kelamin buah hati Anda saat Anda mengganti popoknya.

Jika Anda melihat cairan keputihan dalam alat kelaminnya, tidak perlu menghapusnya karena hal tersebut normal. Tetapi ketika ada perubahan warna, bau dan jumlah, ada baiknya jika Anda memeriksakannya ke dokter.

Jangan Biarkan Dia Berendam Lama dalam Air Bekas Sabun

Adalah kesenangan bagi seorang balita untuk bermain air karena hal tersebut merupakan permainan untuknya. Tetapi jika airnya telah mengandung busa sabun dan shampo, ada baiknya Anda segera menghentikan kegiatannya karena hal tersebut dapat menyebabkan iritasi.

Jika buah hati Anda telah selesai mandi, cucilah alat kelaminnya dan bilaslah dengan menggunakan air bersih. Setelah itu, untuk menghilangkan semua sisa sabun, gunakan waslap.

Jika Alat Kelaminnya Tidak Sehat, Segera Perikasakan

Jika buah hati Anda mengalami gejala yang tidak biasa pada buah hatinya, seperti kelamin yang terlihat merah atau kesakitan setelah buang ari kecil, ada baiknya jika Anda memeriksakan ke dokter. Karena bisa saja buah hati Anda mengalami vaginitis.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY