menjaga kesehatan alat kelamin oleh Kesehatan SegiEmpatMenjaga kesehatan alat kelamin tidak hanya dilakukan oleh para wanita tapi juga para pria. Jika kebersihan kelamin tidak terjaga dengan baik, maka daerah tersebut akan dihinggapi kuman yang kemudian menyebabkan gatal atau penyakit lainnya. Anda tentu tidak mau hal tersebut terjadi.

Untuk mencegah hal tersebut, berikut ini adalah beberapa tips sederhana menjaga kesehatan alat kelamin pria dan wanita:

  • Membersihkan Setelah Buang Air

Usahakan untuk selalu mencuci bagian luar kelamin dengan menggunakan air bersih setiap Anda selesi buang air kecil atau besar. Untuk wanita, siramlah air depan dari depan ke belakang agar kuman yang berasal dari dubur tidak masuk ke vagina. Sedangkan bagi para pria, cukup bilas dan bersihkan dengan menggunakan air bersih. Setelah itu, keringkan dengan menggunakan kain atau tisu bersih untuk mencegah kelembapan pada kelamin yang bisa mengundang bakteri.

Khusus untuk wanita, sebaiknya selalu menyediakan tisu basah khusus untuk alat kelamin. Tapi sebaiknya penggunaannya tidak terlalu sering. Selain itu, pastikan juga Anda tidak terlalu sering menggunakan sabun pembersih daerah kewanitaan karena penggunaan parfum pada kedua prduk tersebut dapat mematikan bakteri baik yang menjaga kesehatan alat kelamin.

  • Menjaga Kebersihan Pakaian Dalam

Pastikan juga kalau Anda selalu menajga kebersihan pakain dalam dengan cara menggantinya minimal dua kali dalam sehari. Ketika Anda sudah tidak merasa nyaman, sebaiknya Anda segera menggantinya untuk menghindari perkembangbiakan kuman dan jamur yang bisa menyebabkan rasa gatal pada kelamin.

  • Pemilihan Bahan Pakaian Dalam

Pastikan juga kalau Anda memperhatikan pemilihan bahan pakaian dalam. Pastikan kalau Anda menggunakan pakaian yang bisa menyerap keringat seperti katun. Kalaupun Anda ingin menggunakan yang berbahan satin, sebaiknya tidak terlalu sering karena satin tidak bisa menyerap keringat dengan baik. Sedangkan bahan lace dapat melukai dan menyebabkan iritasi pada vagina.

  • Kebersihan Bulu Kelamin

Sebaiknya Anda juga rajin mencukur bulu kelamin untuk mencegah pertumbuhan jamur dan kutu kelamin. Tapi jangan mencukurnya sampai habis karena rambut tersebut berfungsi untuk merangsang pertumbuhan bakteri baik yang akan melawan bakteri jahat sehingga dapat menjaga kesehatan kelamin.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY