menjaga kebersihan tubuh seks sehat oleh Kesehatan SegiEmpatUntuk mendapatkan hubungan intim yang sehat serta terbebas dari penyakit kelamin maka Anda harus menjaga kebersihan tubuh, khususnya daerah kelamin. Karena kelamin yang kurang bersih bisa menyebabkan infeksi, bahkan penyakit kelamin yang serius. Penyebaran penyakit seperti ini masih berpotensi terjadi meskipun Anda setia kepada pasangan.

Berikut ini adalah cara menjaga kebersihan tubuh untuk hubungan intim yang sehat:

  • Merapikan Bulu Kelamin

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merapikan bulu kelamin. Cobalah untuk mencukurnya sekali dalam seminggu untuk mencegah agar bulu ini tidak menjadi sarang bakteri. Tidak perlu mencukurnya hingga habis karena bulu kelamin juga diperlukan untuk pertumbuhan bakteri baik yang menjaga kesehatan kelamin. Hal ini akan menjadi lebih penting ketika Anda berada di derah yang panas, membuat Anda mengeluarkan lebih banyak keringat serta lembab. Keadaan seperti ini akan membuat Anda memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena bakteri.

  • Mencuci Tangan

Sebelum dan setelah bercinta, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dan kuku Anda. Ingatlah bahwa tangan adalah sumber penyakit, karena sering berinteraksi dengan banyak benda. Menjaga kebersihan tangan akan membantu Anda untuk mencegah berpindahnya kuman dan bakteri dari tangan ke daerah kelamin.

  • Menjaga Kebersihan Vagina

Untuk menjaga kebersihan vagina, sebaiknya Anda selalu membasuhnay dengan menggunakan air bersih. Selain itu, sebaiknya Anda juga tidak terlalu sering menggunakan cairan atau sabun pembersih khusus vagina. Meskipun dikatakan bahwa produk tersebut dapat menjaga kesehatan daerah kewanitaan, namun sabun tersebut justru dapat mempengaruhi kadar pH, membuat vagina menjadi kering serta irtasi. Saat mencuci vagina, usahakn agar Anda membasuh dari depan ke belakang. Setelah itu, gunakan handuk bersih untuk mengeringkan.

  • Menjaga Kebersihan Penis

Jika pria ingin membersihkan penisnya, tariklah kulup penis ke belakang lalu basuh dengan air hangat. Demikian pula dengan testikel. Selain itu, bersihkan juga bagian dalam di bawah testikel. Bagian ini seringkali menjadi sarang bagi bakteri dan sel kulit mati. Jangan lupa untuk mengeringkannya dengan handuk lembut dan bersih. Namun jangan melakukan hal ini terlalu sering karena suhu tinggi bisa merusak sperma.

  • Masalah Seks Oral

Jika salah satu dari Anda mengalami luka atau iritasi pada mulut atau kelamin, sebaiknya Anda menghindari seks oral. Hal ini untuk mencegah perpindahan bakteri dari mulut ke alat kelamin dan sebaliknya.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY