cara mengatasi keputihan dengan menjaga kebersihan oleh Kesehatan SegiEmpatSalah satu masalah kewanitaan yang paling sering dialami oleh kaum hawa adalah keputihan. Oleh karena itu, cara menghilangkan keputihan dengan menjaga kebersihan adalah salah satu hal yang dibutuhkan oleh kaum hawa untuk mengatasi hal tersebut.

Vagina adalah salah satu daerah yang sangat rentan untuk terkena berbagai penyakit. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan vagina. Salah satu masalah yang sering terjadi pada vagina adalah keputihan.

Beberapa hal yang menyebabkan keputihan adalah perubahan aktivitas, pola hidup tidak sehat serta stres. Keputihan sendiri adalah suatu infeksi yang terjadi pada vagina yang kemudian menyebabkan bagian dalam serta bagian luar vagina merasa gatal. Selain itu, gejala keputihan adalah adanya cairan berwarna putih kelabu atau putih kekuningan yang keluar dari vagina. Jika keputihan yang terjadi semakin parah, maka keputihan akan berwarna hijau dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Organisme penyebab keputihan adalah virus, bakteri, jamur dan parasit. Perkembangbiakan organisme tersebut pada vagina akan membuat vagina terasa gatal dan mengeluarkan cairan serta bau tidak sedap.

Meskipun masalah keputihan terlihat sepele, namun hal ini tidak bisa dibiarkan. Karena jika kuman penyebab keputihan menyerang leher rahim atau serviks, maka hal tersebut berpotensi mengganggu keseimbangan sistem reproduksi Anda. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mencegah terjadinya keputihan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keputihan adalah dengan menjaga kebersihan vagina. Cara menjaga kebersihan vagina adalah membasuh vagina dari depan ke belakang atau dari vulva ke anus. Bukan sebaliknya, dari belakang ke depan atau dari anus ke vulva. Hal ini dilakukan untuk mencegah agar kuman yang terdapat pada anus tidak ikut ke vagina saat dibilas atas dibersihkan.

Yang menjadi masalah adalah, kebanyakan wanita seringkali melakukan kesalahan saat membilas vaginanya, yaitu dari belakang ke depan. Padahal hal ini berpotensi menyebabkan keputihan. Selain itu, hal lain yang harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan vagina adalah dengan rutin mengganti celana dalam, yaitu minimal dua kali dalam sehari ; mengeringkan vagina setelah buang air kecil ; dan tidak menggunakan produk yang dapat mengganggu keseimbangan pH pada vagina.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY