gejala dan pencegahan uretritis oleh Kesehatan SegiEmpatSalah satu penyakit yang perlu diwaspadai adalah penyakit infeksi saluran kencing. Infeksi saluran kencing terjadi karena serangan mikroorganisme seperti virus, bakteri dan jamur pada saluran kencing. Penyakit infeksi saluran kencing ini tidak hanya mencakup satu organ melainkan beberapa organ seperti ginjal, ureter atau saluran kencing bagian bawah, kendung kemih, zakar, prostat dan juga organ kelamin pria. Karena berpotensi menyerang berbagai organ tubuh, maka biasanya orang-orang akan mengalami gejala yang berbeda.

Salah satu jenis penyakit infeksi saluran kencing ini adalah uretritis. Uretritis sendiri adalah suatu keadaan dimana uretra atau saluran kencing seseorang mengalami peradangan. Pada umumnya, masyarakat lebih mengenal penyakit ini dengan nama infeksi saluran kencing pada organ intim pria atau wanita. Jadi bisa dibilang bahwa uretritis adalah terjadi peradangan pada uretra yang disebabkan oleh infeksi.

Uretritis sendiri termasuk salah satu penyakit menular seksual atau PMS. Penyebab penyakit uretritis adalah Chlamydia trachomatis, Mycoplasma hominis, Trichomonas vaginalis, Ureaplasma urealyticum atau Mycoplasma genitalium. Uretritis ini adalah salah satu infeksi yang bisa menyebabkan dysuria, atau rasa nyeri saat buang air kecil pada wanita.

Penyakit ini lebih beresiko menyerang wanita daripada pria, pria yang berumur 20 hingga 35 tahun, seseorang yang selalu bergonta-ganti pasangan dalam berhubungan intim dan pada seseorang yang memang memiliki penyakit menular seksual.

  • Gejala Uretritis

Pada pria, gejala dari penyakit uretritis adalah demam, lebih sering buang air kecil, terasa nyeri, menyengat atau terbakar saat buang air kecil, keluar cairan seperti nanah dari organ intim, terdapat darah pada air seni atau semen, organ intim terasa gatal, terbakar atau kesemutan, terjadi iritasi pada organ intum, organ intim atau daerah selangkangan mengalami pembengkakan atau terasa nyeri, penderitanya akan merasakan sakit saat melakukan penetrasi atau ejakulasi.

Sedangkan pada wanita, gejala dari penyakit uretritis adalah lebih sering buang air kecil, merasakan nyeri yang hebat saat buang air kecil, merasa nyeri pada perut, demam, terasa nyeri pada pelvis dan ada cairan yang keluar dari organ intim.

  • Mencegah Uretritis

Untuk mencegah penyakit ini, sebaiknya tetap setia kepada pasangan Anda, menjaga kebersihan organ intim dan gunakan kondom saat akan melakukan hubungan intim.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY