dampak buruk obesitas pada kesehatan wanita oleh Kesehatan SegiEmpatMasalah obesitas memang bisa memberikan begitu banyak dampak buruk baik untuk pria maupun wanita. Gangguan kesehatan yang sudah tidak mengenal usia ini ternyata bisa memberikan masalah pada berbagai tahap kehidupan wanita. Mulai dari saat remaja hingga menopause, bagaimana obesitas mempengaruhi kesuburan dan kontrasepsi.

Berikut ini adalah beberapa dampak buruk obesitas terhadap kesehatan wanita:

  • Dampaknya pada Remaja

Seorang remaja wanita yang memiliki berat badan berlebih atau bahkan menuju ke obesitas lebih rentan mengalami ketidaktraturan siklus haid yang disebabkan oleh PCOS atau sindrom ovarium polikistik. Hal ini terjadi karena tingginya kadar insulin serta sistem metabolisme yang mudah terpengaruh.

  • Dampaknya pada Kesuburan

Seorang wanita yang memiliki masalah obesitas juga biasanya lebih rentan mengalami ketidaksuburan. Hal yang paling sering terjadi adalah terjadinya cacat pada sel telur. Selain itu, wanita obesitas yang melakukan proses IVF biasanya juga mengalami waktu yang lebih lama.

  • Pengaruh Pil Kontrasepsi

Ada sebuah mitos yang berkembang di masyarakat yang mengatakan bahwa pil kontrasepsi dapat menyebabkan obesitas. Padahal sebenarnya pil kontrasepsi tidak memiliki dampak apapun terhadap berat badan. Namun mereka yang memiliki berat badan berlebih sebaiknya berhati-hati atau bahkan menghindari penggunaan pil kontrasepsi. Ada baiknya jika Anda menggunakan metode kontrasepsi lain atau berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

  • Dampaknya bagi Wanita Hamil

Seorang wanita hamil yang dengan obesitas memiliki resiko untuk terkena berbagai penyakit berbahaya seperti endometriosis, asma atau sleep apnea.

  • Dampaknya pada Wanita Melahirkan

Tidak hanya pada wanita hamil, wanita melahirkan yang mengalami obesitas juga beresiko mengalami masalah saat melahirkan. Wanita obesitas yang telah hamil memiliki peningkatan resiko terkena diabetes. Wanita yang obesitas dan mendapatkan kehamilan dengan IVF memiliki resiko untuk terjadinya diabetes, keguguran dan cacat lahir.

  • Dampaknya Terhadap Wanita Menopause

Wanita menopause juga tidak terlepas dari dampak buruk obesitas. Mereka memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami hipertensi, PCOS, diabetes, kanker endometrium serta penyakit lain yang berhubungan dengan rahim.

  • Cara Mengatasinya

Jika Anda mengalami masalah obesitas, ada baiknya jika Anda mulai berusaha untuk menurunkannya dengan cara diet ketat dan melakukan olahraga secara teratur. Jangan melakukan diet atau olahraga secara berlebihan, karena hal tersebut hanya akan membuat Anda memiliki gangguan kesehatan lainnya.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY