rokok bisa bikin mandul oleh Kesehatan SegiEmpatDalam iklan rokok, sering dikampanyekan bahwa rokok bisa menyebabkan kanker dan serangan jantung. Namun selain itu, rokok juga bisa menyebabkan masalah pada kesehatan reproduksi seseorang. Ada beberapa masalah pada kesehatan reproduksi yang bisa terjadi para pria dan wanita perokok, yaitu :

Pada Pria :

1. Sulit untuk Ereksi
Rokok bisa membuat seorang pria sulit untuk ereksi. Hal ini terjadi karena nikotin akan menurunkan kadar hormon testosteron yang merupakan hormon yang mengatur ereksi seorang pria. Bahkan sebuah hasil penelitian menemukan bahwa seorang pria yang tidak merokok bisa ereksi lebih cepat daripada mereka yang merokok. Pria yang berhenti merokok juga akan membuat pria lebih kuat ereksi.

2. Kecacatan Sperma
Sebuah hasil penelitian menemukan bahwa rokok bisa membuat sperma cacat dan juga merusak kualitas calon anaknya. Rokok bisa menyebabkan berubahnya rangkaian DNA sperma sehingga membuat sperma cacat, yang kemudian akan menurun pada calon bayi.

Pada Wanita :

1. Gejala PMS bisa Lebih Buruk
Salah satu hal yang sangat mengganggu bagi seorang wanita adalah Premenstrual syndrome atau PMS, yang terjadi sebelum haid. Saat sedang PMS, seorang wanita akan mengalami berbagai masalah seperti gelisah, gampang marah, bad mooddan juga selalu ingin makan. Dan hal ini akan lebih parah jika mereka merokok. Wanita perokok akan mengalami gangguan PMS dua kali lebih besar daripada mereka yang tidak.

2. Lebih Sulit untuk Hamil
Sebuah hasil penelitian menemukan bahwa seorang wanita yang memiliki kebiasaan merokok akan mengalami penurunan produksi sel telur sehingga membuatnya menjadi tidak subur. Selain itu, rokok juga mengandung komponen tertentu yang bisa menurunkan kemampuan ovarium untuk memproduksi estrogen dan juga meningkatkan resiko untuk terjadinya kecacatan pada sel telur.

3. Lebih Cepat Menopause
Seorang wanita yang merokok akan lebih cepat menopause satu tahun daripada wanita yang tidak merokok. Sebuah hasil penelitian menemukan bahwa wanita yang tidak merokok akan mengalami menopause pada usia 46 sampai 51 tahun. Sedangkan wanita perokok akan mengalami menopause pada usia 43 sampai 50 tahun. Saat mengalami menopause, wanita perokok juga akan lebih beresiko terkena penyakit jantung dan osteoporosis.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY