bukan hanya kulit kepala yang berketombe oleh Kesehatan SegiEmpatSalah satu masalah rambut yang bisa membaut Anda sebal dan kehilangan rasa percaya diri adalah ketombe. Ketika muncul serpihan-serpihan putih yang mirip salju dari kulit kepala, Anda pasti akan merasa malu. Tapi ternyata bukan hanya kulit kepala yang bisa berketombe. Ada bagian tubuh lainnya yang bisa berketombe. Dan ketombe ini tidak berasal dari kulit kepala, melainkan berasal dari rambut tersebut.

Bagian tubuh lain yang bisa terkena ketombe adalah alis mata. Ketombe yang muncul pada alis mata ini dinamakan dengan dermatitis seboroik. Ketombe pada alis mata ini bisa timbul ketika ada kelenjar minyak yang sangat aktif dalam jumlah yang banyak. Hal inipun kemudian akan menyebabkan peradangan pada daerah tersebut sehingga menyebabkan ketombe. Salah satu hal yang menyebabkan peradangan adalah adanya bahan-bahan yang bisa menyebabkan peradangan.

Peradangan ini bisa terjadi pada kulit alis. Hal inilah yang kemudian akan membuat alis terasa gatal dan infeksi, hingga bernanah. Untuk mengatasi hal in, sebaiknya Anda menggunakan shampoo anti jamur dan mengoleskannya juga pada alis. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan obat cair yang mengandung kostikosterid, yang bisa dioleskan pada kulit kepala dan alis sehingga bisa melenyapkan ketombe. Sebaiknya Anda juga mengkonsumsi obat yang mengandung kostikosteroid untuk pengobatan dari dalam.

Namun jika ketombe ini terus muncul atau telah terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, sebaiknya Anda mengobatinya. Namun Anda tidak boleh melakukan pengobatan dengan sembarangan. Sebaiknya Anda melakukan pengobatan dengan pengawasan dari dokter ahli. Dokter mungkin akan memberikan obat steroid yang akan membantu untuk mengatasi masalah tersebut.

Selain itu, pastikan juga kalau Anda selalu menjaga kebersihan tubuh. Karena seringkali masalah kebersihan tubuh menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe. Sebaiknya Anda juga menghindari makanan yang bisa mengaktifkan kelenjar minyak tersebut dan gantilah dengan makanan yang lebih sehat. Dengan begitu maka Anda bisa mengatasi masalah ketombe yang mengganggu, baik yang muncul di kulit kepala ataupun yang muncul pada bagian tubuh lainnya.

LEAVE A REPLY