anak tetap fit saat berpuasa oleh Kesehatan SegiEmpatBagi Anda yang sedang mengajarkan puasa kepada buah hati Anda, sangat penting untuk menjaga agar anak tetap fit saat berpuasa. Tidak makan selama seharian tentu akan membuat seseorang menjadi lemas, terlebih lagi bagi anak kecil. Bagi Anda yang telah mengerti makna dari ibadah dan pahala, pasti Anda akan tetap bersemangat dalam berpuasa.

Namun bagi anak yang belum mengerti semua itu, bukan tidak mungkin kalau mereka akan mengeluh lemas. Padahal mereka harus tetap beraktifitas saat puasa. Hal ini karena anak kecil memang membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi daripada orang dewasa, terlebih lagi jika mereka masih dalam tahap pertumbuhan.

Berikut ini adalah tips agar anak tetap fit saat berpuasa:

  • Ketika Anda sahur bersama anak, sebaiknya Anda menyediakan makanan yang kaya akan serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan agar Anda bisa kenyang lebih lama.
  • Anda juga harus memperhatikan indeks glikemik pada menu makanan yang Anda sajikan. Pastikan kalau makanan tersebut mengandung indeks glikemik yang rendah agar kadar gula dalam darah akan stabil sehingga bisa bertahan lama dalam darah. Dengan begini, maka anak akan memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas. Salah satu contohnya adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti beras merah.
  • Saat sahur dan buka puasa, pastikan kalau anak tidak mengkonsumsi minuman bersoda serta makanan yang pedas. Kedua jenis makanan ini dapat meningkatkan asam lambung dan menimbulkan penyakit maag. Anda tentu tidak mau anak Anda terkena penyakit tersebut.
  • Saat sahur dan buka puasa, sebaiknya Anda tidak menyiapkan atau melarang anak untuk mengkonsumsi makanan yang terlalu asin atau makanan yang mengandung bumbu penyedap rasa karena kedua jenis makanan tersebut dapat membuat anak merasa haus atau bahkan menyebabkan dehidrasi.
  • Saat sedang sahur, usahakan agar Anda minur air putih yang cukup agar di terhindar dari dehidrasi.
  • Usahakan agar Anda tidak makan berlebihan saat sahur agar dia tidak terlalu kenyang dan kembung.
  • Ketika berbuka, sebaiknya anak diberi makanan manis yang porsinya pas agar glukosanya yang hilang saat puasa tergantikan. Contohnya secangkir teh hangat manis atau sebutir kurma.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY