Latihan Untuk Menguatkan Tulang oleh SegiEmpatBanyak yang mengira bahwa tulang adalah suatu struktur yang padat, padahal hal tersebut tidak benar. Tulang adalah salah satu jaringan hidup yang akan terus mengalami perkembangan. Usia 20 hingga 30 tahun adalah masa dimana kepadatan tulang yang paling optimal (tulang paling kuat), setelah itu menurun dengan perlahan. Khusus untuk wanita, akan terjadi percepatan kerapuhan tulang pada beberapa tahun pertama masa menopause.

Komponen penting untuk menyehatkan dan menguatkan tulang Anda adalah latihan dan kunci penting untuk mencegah kerapuhan tulang adalah dengan melakukan latihan teratur.

Berikut ini adalah beberapa jenis latihan untung menguatkan tulang :

Latihan Peregangan

Sekarang ini, banyak orang yang menghabiskan waktunya hanya untuk duduk. Kebiasaan ini bisa memberi banyak tekanan pada tulang belakang dan membuat otot menjadi tegang.

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan latihan peregangan. Saat melakukan latihan ini, Anda harus meregangkan otot hingga titik maksimal dan tahan selama 15-30 detik. Lakukan latihan ini minimal 3 kali dalam sehari.

Latihan Jantung

Tulang Anda akan menjadi lebih lebih kuat saat mendapatkan gaya tekan. Oleh karena itu, Anda memerlukan jenis latihan seperti itu seperti naik turun tangga, jogging, jalan cepat, lompat tali, tenis, basket, squash, aerobik dan sepak bola.

Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan atau latihan beban adalah jenis latihan yang akan meningkatkan massa tulang. Jenis latihan ini akan meningkatkan masa tulang. Lakukan latihan jenis ini 2 – 3 kali dalam sepekan dengan pengulangan sekitar 8 hingga 10 kali. Anda harus meningkatkannya sedikit demi sedikit.

Latihan Keseimbangan

Anda akan lebih mudah menjaga keseimbangan dengan kekuatan dan fleksibilitas. Anda perlu mendapatkan ini agar Anda bisa berolahraga dengan lebih baik dan mencegah agar Anda tidak jatuh.

Salah satu contoh latihan yang bisa Anda lakukan adalah dengan berdiri selama setengah menit dengan satu kaki. Setelah itu, gantilah dengan kaki yang lain. Jika Anda mudah untuk melakukannya, Anda bisa mencobanya dengan mata tertutup. Selain latihan tadi, masih banyak latihan keseimbangan yang bisa coba Anda lakukan.

* * * * *
Buku Formula Cinta

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY