cara mencegah gigi berlubang oleh Kesehatan SegiEmpatSakit gigi dan gigi berlubang adalah penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Oleh karena itu, Anda membutuhkan cara mencegah gigi berlubang. Yang harus Anda ingat adalah mencegah lebih baik daripada mengobati. Dan memang akan lebih baik jika Anda mencegah sakit gigi daripada mengobatinya.

Berikut ini adalah beberapa hal sederhana sebagai cara mencegah gigi berlubang :

  • Konsumsi Makanan yang Harus Dikurangi

Salah satu jenis makanan yang harus Anda kurangi adalah makanan yang memiliki rasa manis dan juga memiliki sifat lengket. Hal ini karena rasa manis akan mengundang kuman dan bakteri penyebab lubang pada gigi. Kalaupun Anda ingin mengkonsumsi makanan seperti ini, sebaiknya Anda langsung menggosok gigi dengan bersih. Hal ini harus Anda lakukan agar sisa-sisa makanan manis tersebut bisa segera hilang sehingga tidak menyebabkan terjadinya karies dan berbagai penyakit rongga mulut lainnya.

  • Jagalah Kebersihan Mulut

Ingatlah selalu untuk menjaga kebersihan mulut. Salah satu cara yang paling efektif adalah rutin menggosok gigi. Dengan begini, maka Anda akan menghilangkan bakteri yang menyebabkan karies pada gigi. Dengan begini, maka Anda bisa mencegah agar gigi tidak berlubang.

  • Membuat Gigi Lebih Kuat untuk Mencegah Gigi Berlubang

Agar gigi lebih kuat, Anda bisa menggunakan pasta gigi yang menggunakan flour. Kandungan flour dalam pasta gigi akan membuat gigi lebih kuat. Selain pasta gigi yang mengandung flour, Anda juga bisa menggunakan daun sirih. Tanaman tradisional ini juga bisa menjaga kesehatan mulut dan membuat gigi lebih kuat. Adapun cara tradisional yang tidak dianjurkan adalah penggunaan tanah liat dan bata. Meskipun bahan ini bisa membuat gigi lebih kuat dan bersih, tapi sebenarnya kedua bahan ini bisa mengikis atau bahkan merusak lapisan enamel gigi sehingga membuatnya cepat berlubang.

  • Konsumsi Makanan Berserat

Cara terakhir untuk mencegah gigi berlubang adalah dengan mengkonsumsi makanan berserat. Makanan ini akan membantu untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi. Dengan begini, maka Anda tidak perlu lagi untuk menggunakan tusuk gigi yang berpotensi untuk merusak gigi. Selain itu, makanan berserat juga akan membuat pencernaan menjadi lebih lancar. Beberapa jenis makanan berserat yang bisa Anda konsumsi adalah apel, pepaya dan melon.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY