Bagi Anda penderita kanker darah (leukemia) telah datang kabar baik untuk Anda. Karena telah ditemukan paduan senyawa baru yang mampu mematikan sel-sel induk kanker darah oleh sebuah penelitian.

Sebuah paduan senyawa bernama Delta 12-Protaglandin J3 atau D12-PGJ3 yang memiliki target untuk membunuh chronic myelogenous leukemia (CML), yang merupakan sel-sel batang kanker darah oleh para peneliti dari Department of Veterinary and Medical Sciences Penn State. Ikan, yang menghasilkan minyak ikan, yang kemudian mengandung omega-3 adalah zat yang mengandung senyawa D12-PGJ3.

Setelah dilakukan uji coba pada beberapa tikus yang di dalam tubuhnya mengandung sel-sel penyebab kanker darah, maka hal tersebut segera dipublikasikan. Komponen yang terdapat dalam minyak ikan digunakan untuk mengobati tikus-tikus tersebut dan untuk membunuh sel induk kanker darah dalam limpa sumsum tulang tikus, digunakan senyawa yang terdapat dalam minyak ikan. Tikus-tikus tersebut pun sembuh, tanpa ada dugaan bahwa mereka akan mengalami kekambuhan lagi.

Hal penting yang disebutkan oleh para peneliti yang merilis penemuan tersebut adalah senyawa D12-PGJ3 membunuh sel induk penyebab kanker darah dalam limpa dan sumsum tulang tikus. Selain itu, D12-PGJ3 juga mengaktifkan gen dalam sel induk kanker darah tersebut agar memprogram kematian untuk sel itu sendiri.

Sandeep Prabhu, salah seorang profesor dari Asosiasi Profesor Bidang Imunologi dan Molekul Toksikologi Department of Veterinary and Medical Sciences Penn State menuturkan bahwa “penelitian terbaru kami ini menunjukkan bahwa beberapa metabolit dari Omega-3 memiliki kemampuan secara selektif membunuh sel induk penyebab kanker darah pada tikus.”

Adalah penting untuk membunuh sel-sel induk pada kanker darah, yaitu sebuah kanker yang menyerang sel darah putih, karena dengan adanya sel-sel induk tersebut, maka mereka dapat membelah diri dan menghasilkan lebih banyak lagi sel-sel kanker di dalam tubuh.

Hanya untuk memperpanjang hidup pasien dengan menjaga jumlah sel-sel kanker darah agar tetap rendah adalah beberapa efek dari terapi kanker darah yang ada selama ini. Namun, karena tidak menargetkan membunuh sel-sel induk kanker darah, maka obat-obatan tersebut gagal untuk menyembuhkan penyakit ini sepenuhnya.

Robert Paulson, seorang profesor ilmu hewan dan biomedis yang ikut memimpin penelitian ini menuturkan bahwa “para pasien harus mengambil obat terus-menerus. Jika pengobatan berhenti, penyakit akan kambuh karena sel-sel induk kanker darah resisten terhadap obat.”

Minyak ikan akan menyembuhkan penyakit kanker darah tanpa akan kembali kambuh. Berbeda dengan obat-obatan yang dipakai untuk menolong penderita kanker darah yang tidak benar-benar menuntaskan penyembuhan.

Kemudian, Paulson menambahkan “yang terpenting dari penelitian ini sel-sel kanker tersebut mati dan bahwa tikus-tikus uji coba dapat dikatakan benar-benar sembuh dari kanker darah.”

Karena membunuh sel-sel induk kanker darah dan memiliki efek samping paling sedikit, para peneliti pun akan terus berfokus pada D12-PGJ3 agar dapat menyelamatkan lebih banyak nyawa.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY