Satu lagi pengobatan tradisional yang dapat menyembuhkan kanker, yaitu daun sirsak. Daun sirsak dipercaya dapat menyembuhkan kanker. Bahkan daun sirsak disarankan sebagai jamu untuk menjadi pendamping obat kimia oleh dokter. Terbukti, setelah mengkonsumsi ekstrak daun sirsak seorang penderita batu ginjal berhasil sembuh.

Salah satu zat aktif di dalam daun sirsak bersifat antioksidan yang dapat menangkap radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker, dan di dalam daun sirsak sendiri banyak mengandung zat aktif tersebut. Fungsi lain dari daun sirsak adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan  mengurangi efek sakit kanker pada tubuh.

Masih perlu dilakukan pengujian pada daun sirsak untuk menentukan siapa yang boleh mengonsumsi  dan siapa yang tidak, karena suatu tanaman bisa saja menyembuhkan penyakit pada seseorang  tapi justru menimbulkan penyakit pada pengguna lain. Oleh karena itu Dokter Ariyanto Yonosewoyo  menekankan kehati-hatian dalam riset .

“jamu sebaiknya tidak diambil hanya satu zat aktifnya saja karena jamu berbeda dengan obat kimia,” kata Kepala poli obat tradisional Indonesia  di RSUD Dokter Sutomo Surabaya ini.

Banyak zat aktif yang biasanya terkandung pada suatu obat tradisional. Biasanya, zat-zat aktif itu saling mengikat untuk membentuk manfaat bagi kesehatan manusia. Karena, jika diambil hanya satu zat aktif saja  biasanya malah bisa meracuni peminumnya.

Hingga kini, daun sirsak sebagai obat kanker belum diresepkan oleh poli RSUD Dokter Sutomo. Karena, belum ada riset mendalam tentang aman tidaknya daun sirsak dikonsumsi manusia.

Tetapi Dokter Ariyanto tidak memungkiri bahwa ada peningkatan kesehatan yang terjadi setelah meminum ekstrak daun sirsak. Hal ini diperoleha dari pengakuan oleh para pasien poli obat tradisional Indonesia. Meski demikian, daun sirsak dapat dijadikan sebagai pendamping obat kimia oleh para pasien.

Seorang nenek delapan cucu di Sidoarjo membuktikan keampuhan dari daun sirsak. Leukemia hampir saja menjangkiti tubuh Indah Asmara. Selama satu bulan dia tergeletak lunglai di tempat tidur sebelum ke dokter. Badan Indah Asmara pucat  dan menggigil.

Nenek delapan cucu berusia 61 tahun ini  tidak mau dirawat di rumah sakit. Dia lebih memilih untuk mengkonsumsi jamu ekstrak daun sirsak yang dibuatkan oleh anaknya .

Selama berobat, Nenek Indah rutin minum air rebusan daun sirsak sehari dua kali. Dosis ekstraksi adalah sembilan belas daun sirsak direbus dengan air tiga gelas. Rebusan dijadikan dua gelas. Nenek Indah memberi tip, jamu jawa sebaiknya diberi sedikit garam untuk menambah khasiat .

Dalam waktu 7 hari, badanya berangsur pulih.  Indah yang tadinya hanya bisa makan bubur pun akhirnya sudah bisa makan semua jenis makanan.

Selain menjadi sehat, ia percaya batu ginjalnya keluar berkat minum jamu daun sirsak. Karena selama satu tahun mengidap batu ginjal, ibu lima anak ini mengaku tidak pernah minum obat kimia. Tapi setelah seminggu minum jamu sirsak, batu ginjalnya keluar secara alami tanpa rasa sakit.

Tetapi, tetap perlu dilakukan pemeriksaan medis untuk mengetahui perkembangan dari penyakit yang Anda derita.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY