Foto Kanker Payudara Oleh Kesehatan SegiEmpatKanker payudara merupakan salah satu pembunuh wanita terganas selain kanker serviks. Oleh sebab itu, setiap wanita harus benar-benar paham dengan salah satu jenis kanker terganas di dunia yang juga dapat menjangkit kaum pria ini. Selain menerapkan pola hidup sehat seperti menjauhi minuman beralkohol, merokok, berolahraga teratur, hingga menjaga berat badan, Anda pun juga harus cakap mengenali ciri fisik yang menandakan terjangkitnya kanker payudara. Sebab, kanker payudara stadium awal masih dapat ditolong bahkan kecil kemungkinan untuk terjadinya pengangkatan buah dada. Dengan mengetahui gejala kanker payudara sejak dini, maka dokter dapat memberikan penanganan yang tepat untuk Anda. Nah? Lantas kira-kira, bagaimanakah ciri fisik terjangkitnya kanker payudara? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

1. Terjadi Perubahan yang Signifikan Di Sekitar Area Buah Dada

Salah satu ciri fisik terjangkitnya kanker payudara adalah dengan terasanya perubahan yang begitu signifikan pada area sekitar buah dada seperti buah dada sendiri, puting dan ketiak. Biasaya, penderita akan mengalami pengerasan pada daerah puting. Kondisi ini membuat tekstur buah dada ikut berubah, seperti melebarnya pori-pori dari kulit payudara itu sendiri. Bukan hanya mengalami perubahan tekstur, penderita kanker payudara pun juga kerap merasakan nyeri yang timbul di salah satu titik buah dada. Parahnya, rasa nyeri tersebut tak kunjung sembuh. Selain itu, ada pula penderita yang merasakan adanya benjolan pada payudara mereka. Apabila Anda benar-benar merasakan gejala-gejala tersebut, maka ada baiknya jika Anda segera memeriksakan diri ke dokter guna mendapatkan kejelasan pasti dan penanganan medis yang tepat.

2. Terjadi Perubahan Pada Bentuk Buah Dada

Bukan hanya itu. Ciri fisik dari terjangkitnya kanker payudara juga dapat dilihat dari terjadinya perubahan pada bentuk buah dada itu sendiri. Umumnya, para penderita kanker payudara akan mengalami penyusutan pada bagian buah dada mereka. Bukan hanya menyusut, sebagian dari mereka juga mengalami pembengkakan buah dada, merah atau menghitamnya salah satu buah dada atau bahkan keduanya. Bahkan dalam kasus lain, ditemukan pula penderita kanker payudara yang mendapati buah dadanya memiliki cekungan layaknya lesung pipi. Bukan hanya itu, penderita kanker payudara juga mendapati kulit pada bagian putting dan areolanya berubah menjadi bersisik, memerah dan gatal.

3. Keluarnya Cairan Pada Daerah Puting

Satu lagi ciri fisik yang harus Anda kenali dari kanker payudara. Ciri itu adalah keluarnya cairan pada daerah puting. Namun jangan khawatir, keluarnya cairan dari daerah puting ini tak sepenuhnya menjadi tanda awal terjangkitnya kanker payudara. Namun bisa saja hal tersebut terjadi lantaran adanya reaksi alami dari dalam tubuh yang muncul lantaran puting ditekan secara tak sengaja. Tetapi, ada baiknya jika Anda segera memeriksakan kondisi tersebut ke dokter sebab apabila cairan tersebut berwarna bening atau bahkan mirip dengan darah dan keluar di salah satu bagian buah dada tanpa adanya tekanan sedikit pun dari puting, maka ada kemungkinan jika hal tersebut merupakan ciri fisik terjangkitnya kanker payudara.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY