cara menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa menyerang siapa saja. Banyak hal yang bisa menyebabkan hipertensi, diantaranya akibat makanan, usia dan genetika. Hipertensi tidak boleh dibiarkan terus-menerus dan harus segera diatasi, jika tidak, hal tersebut bisa memicu serangan jantung dan stroke, hingga pada akhirnya menyebabkan kematian.

Anda harus menjaga agar tekanan darah Anda tetap stabil, banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengobati hipertensi, diantaranya yaitu dengan rutin berolahraga, memilih makanan sehat dan kurangi asupan natrium. Selain itu terdapat pula beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk penderita hipertensi dan berikut adalah beberapa jenis makanan tersebut:

Kismis

Jika Anda adalah orang yang menderita hipertensi, konsumsilah kismis karena kismis dapat membantu Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi kismis tiga kali dalam sehari ternyata dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah. Konsumsilah selama beberapa minggu agar Anda mendapatkan hasil yang efektif.
Kismis dikenal mampu menurunkan tekanan darah karena kaya akan kalium. Disamping itu, kismis juga menjadi sumber serat yang baik bagi tubuh dan juga mengandung antioksidan yang bisa mengubah biokimia pembuluh darah untuk mengurangi tekanan darah.

Kiwi
Penelitian menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi tiga kiwi dalam sehari, dapat membantu menurunkan tekanan darah. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 188 orang dengan usia 55 tahun keatas yang mengidap tekanan darah tinggi, kemudian partisipan tersebut diminta untuk makan tiga kiwi atau sebuah apel setiap hari selama delapan minggu. Hasil penelitian menemukan bahwa ternyata mengkonsumsi kiwi lebih ampuh untuk menurunkan tekanan darah daripada dengan mengkonsumsi sebuah apel
orang yang mengkonsumsi kiwi lebih mampu menurunkan tingkat tekanan darah sistolik

Pisang
Mengkonsumsi pisang dapat membuat tekanan darah turun karena pisang mengandung kalium. Pisang juga aman untuk dikonsumsi mereka yang menderita tekanan darah rendah karena kandungan natrium dalam pisang termasuk rendah.
Sebuah penelitian juga menemukan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang secara alami mengandung kalium sitrat, ternyata mempunyai efek yang sama dengan mengkonsumsi kalium klorida melalui suplemen dalam hal menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Semangka
Mendengar namanya saja pasti membuat Anda merasa bersemangat. Semangka tidak hanya membuat Anda merasa segar karena mengandung banyak air. Buah ini juga dikenal karena kaya akan nutrisi seperti serat, lycopene, vitamin A dan kalium. Penelitian dari Florida State University menunjukkan bahwa asam amino yang ditemukan pada semangka, ternyata mampu menurunkan tekanan darah. Seorang peneliti melakukan penelitian dengan merekrut 9 partisipan dengan pre-hipertensi dan meminta partisipan tersebut untuk mengkonsumsi 6 gram asam amino dari buah semangka setiap hari dalam waktu enam minggu. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa tekanan darah para partisipan mengalami penurunan dan kembali berfungsi baik.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY