Pencegahan Kanker Payudara

Ada beberapa hal yang berisiko yang dapat meningkatkan kemungkinan Anda mengidap kanker payudara. Dengan bertambahnya usia Anda, resiko terkena pun semakin meningkat. Namun, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah anda terkena kanker payudara. Misalnya dengan Mammografi, deteksidengan cara ini bisa dilakukan ketika anda berusia 20 tahunan, atau setiap satu atau dua tahun sekali untuk Anda yang berusia 40 tahun.

Selain dengan mammografi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menekan resiko Anda terkena kanker payudara

1. Berat Tubuh Yang Ideal

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat meningkatkan resiko Anda terkena kanker payudara. Hal ini disebabkan karena sel-sel lemak yang memproduksi hormon estrogen juga dapat memicu kanker. Untuk itu, Anda wajib menjaga berat badan Anda agar tetap ideal.

2. Memeriksa Riwayat Kesehatan Keluarga

Memiliki keluarga dekat yang mengidap kanker payudara, sama artinya meningkatnya resiko Anda untuk terkena kanker payudara. Beberapa faktor dari resiko untuk terkena kanker payudara lebih bersifat genetik.

3. Mengenali Payudara Anda

Melakukan pemeriksaan rutin di rumah. Anda harus selalu mengetahui kondisi payudara Anda untuk selalu waspada, jika tiba-tiba terjadi perubahan pada payudara.

4. Membatasi Mengkonsumsi Minuman Yang Mengandung Alkohol

Mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol secara berlebihan juga sangat berkaitan dengan resiko Anda untuk terkena kanker payudara. Sebaiknya Anda menghindari untuk mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol, atau setidaknya mengurangi konsumsinya agar resiko Anda untuk terkena kanker payudara juga lebih kecil.

5. Rutin Berolahraga

Ternyata olahraga tidak hanya dapat membantu Anda untuk mencapai berat tubuh ideal yang sehat, tapi juga bisa membantu Anda untuk menurunkan resiko terkena kanker payudara. The American Cancer Society menyarankan Anda agar meluangkan waktu untuk melakukan olahraga selama 45 hingga 60 menit dalam satu hari untuk mengurangi resiko anda terkena kanker payudara.

6. Mengetahui Seluk Beluk Alat Kontrasepsi

Menggunakan alat kontrasepsi oral adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara, namun resiko tersebut akan menurun ke tingkat normal, saat Anda menghentikan penggunaan alat kontrasepsi tersebut. Ada baiknya juga untuk mempertimbangkan pro dan kontra mengenai pengendalian tingkat kelahiran dan konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu. Sebaiknya saat Anda mengkonsultasikan diri ke dokter, berikan data lengkap tentang gaya hidup Anda sehari-hari. apakah itu kebiasaan makan manis, ataupun minuman beralkohol.

7. Mendapatkan Informasi Sebanyak-banyaknya Tentang Kanker Payudara

Informasi mengenai resiko-resiko terkena kanker payudara akan sangat bermanfaat bagi Anda. Perbanyak membaca dan mengetahui mengenai kanker payudara ini. Selain itu ketahui juga hal-hal yang mungkin akan terkesan remeh, seperti usia mengalami menstruasi pertama yang normal, melahirkan anak setelah usia 35 tahun, atau tidak pernah menyusui. Beberapa hal kecil seperti ini juga akan berkaitan sangat erat dengan kanker payudara.

Avatar
S. Gelmani Rabiah
Seorang wanita yang senang membaca, traveling, main game dan bela diri. Sangat suka dengan sesuatu yang rumit dan menantang.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertisment

Artikel terbaru

4 Pertanyaan Besar Terhadap Asmara Anda

Dalam sesuatu hubungan yang Anda jalani dengan kekasih, Anda tentunya sudah mengalami berbagai bentuk ujian dan cobaan. Cobaan ataupun ujian sendiri kadang kala bisa...

5 Sikap Terbaik Saat Bertemu Sang Mantan

Hubungan asmara yang kandas, jangan sampai membuat Anda menjadi sempit berfikir. Mengambil hikmah dan menjadi pribadi yang tidak pendendam dapat membuat Anda bisa menikmati...

Beberapa Momen Memalukan Saat ‘First Date’

Suatu hubungan asmara tentunya terlebih dahulu diawali dengan tahap pendekatan. Hal ini tentunya bertujuan agar masing-masing bisa lebih saling mengenal karakter dan kepribadian satu...