" Terbang menuju dekade pertama,
tetap kuat tetap menjulang"

" Terbang menuju dekade pertama, tetap kuat tetap menjulang"

Hal Hal yang Menimbulkan Ketidaknyamanan Saat Bercinta dan Cara Mengatasinya

Rasa nyaman sangat dibutuhkan pada saat bercinta. Namun kadang, Anda akan mengalami ketidaknyamanan pada saat sedang bercinta. Beberapa hal dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada saat Anda sedang bercinta.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit pada saat Anda sedang bercinta dengan pasangan, yaitu :

1. Penyebab : vagina yang kering 

Penyebab paling umum yang menyebabkan rasa sakit pada pria atau wanita ketika bercinta adalah vagina yang kering. Kondisi kesehatan yang menurun, konsumsi obat tertentu dan masalah psikologis adalah beberapa penyebab dari kekeringan vagina.

Solusi : menggunakan pelumas

Gunakan pelumas untuk vagina yang berbentuk jelly, krim atau supositora untuk menambah kelembaban jika kekeringan pada vagina merupakan penyebab hubungan seks Anda terasa menyakitkan. Hal ini akan membantu kedua pasangan lebih nyaman untuk bercinta.

2. Penyebab : kehamilan

Sepanjang kehamilan, mungkin ada wanita yang tetap menikmati hubungan ranjang yang aktif serta nyaman. Namun beberapa wanita hamil lainnya merasa tidak nyaman, apalagi jika kehamilannya telah membesar. Bercinta pada saat hamil mungkin saja akan menyakitkan karena perubahan hormon selama kehamilan dan menyusui kadang-kadang menyebabkan kekeringan pada vagina.

Solusi : mencoba posisi bercinta yang menciptakan kenyamanan

Rasa tidak nyaman mungkin akan disebabkan oleh perut yang membesar, jadi sebaiknya Anda mencoba posisi bercinta yang akan memberikan kenyamanan. Untuk mengatasi kekeringan pada vagina, Anda dapat mencoba untuk melakukan pemanasan lebih lama agar vagina pasangan Anda mengeluarkan lebih banyak pelumas.

3. Penyebab : menopause

Tubuh seorang wanita kurang signifikan untuk memproduksi estrogen pada saat menopause. Selain itu, dinding vagina cenderung menipis dan menjadi kering. Oleh karena itu, wanita yang telah mengalami menopause merasa tidak nyaman untuk bercinta.

Solusi : Mempertimbangkan untuk melakukan terapi hormonal

Manfaat dari terapi estroren dapat dilakukan oleh wanita menopause yang mengalami rasa tak nyaman dan rasa sakit saat bercinta. Untuk terhindar dari resiko, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai manfaat dari terapi ini.

4. Penyebab : Adanya masalah dengan psikologis

Dalam menikmati seks, emosi memainkan peran utama pada kemampuan pria dan wanita. Beberapa hal yang dapat mencegah seorang wanita untuk terangsang dan memproduksi pelumas agar tercipta seks yang nyaman adalah rasa bersalah, ketakutan, gelisah dan akumulasi jumlah emosional dari pengalaman seksual negatif. Emosi yang sama juga dapat menyebabkan rasa nyeri saat bercinta pada pria.

Solusi : Membicarakan hal tersebut dengan pasangan 

Penting untuk berbicara dengan pasangan tentang hal yang dapat membangkitkan gairah dan masalah yang terjadi pada saat bercinta, karena masalah emosional dapat mengarah kegiatan bercinta yang tidak nyaman atau bahkan menyakitkan. Senyawa kimia yang terdapat dalam tubuh Anda berdua seringkali dapat bekerja dengan baik sehingga akan menyelesaikan masalah Anda berdua.

Masalah kehidupan suami istri seringkali harus mendapatkan bantuan dari seorang konselor terapi seks dalam beberapa kasus.

5. Penyebab : masalah kesehatan

Bercinta akan terasa tidak nyaman atau menyakitkan apabila terjadi radang, iritasi atau infeksi pada alat kelamin pria dan wanita.

Bercinta akan menyakitkan pada wanita jika sabun dan semprotan Miss V mengiritasi vulva. Hal yang juga akan menyebabkan bercinta menjadi tidak nyaman adalah endometriosis, vaginitis dan penyakit radang panggul. Masalah yang serius seperti penyakit pada usus, kelainan rahim, jaringan parut, kandung kemih atau kista pada ovarium juga dapat menjadi penyebab wanita merasa nyeri saat bercinta.

Bercinta akan terasa tidak nyaman atau menyakitkan pada pria jika terjadi alergi terhadap kontrasepsi dan infeksi seperti prostatitis.

Solusi : memeriksakan keadaan di dokter

Kunjungilah dokter untuk menyingkirkan kondisi medis yang serius jika ketidaknyamanan atau nyeri saat bercinta menjadi tanda adanya masalah kesehatan.

Untuk mencari kemungkinan penyebab ketidaknyamanan Anda, dokter juga dapat memeriksa riwayat kesehatan Anda. Kadang-kadang dokter akan memberikan langkah sederhana, seperti mengobati infeksi atau mengganti obat atau mengobati infeksi untuk membantu mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa yang tidak nyaman atau menyakitkan saat bercinta.

S. Gelmani Rabiah
S. Gelmani Rabiah
Seorang wanita yang senang membaca, traveling, main game dan bela diri. Sangat suka dengan sesuatu yang rumit dan menantang.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertismentspot_img

Artikel terbaru

7 Sikap Romantis Ini Membuat Kekasih Anda Lebih Bahagia

Keinginan untuk dapat menjalin hubungan asmara yang awet dengan pasangan tentu tidak akan terwujud bila masing-masing pasangan tidak berusaha mewujudkannya satu sama lain. Menjadi...

4 Hal yang Dibenci Pria Ketika Bertengkar Dengan Kekasihnya & Cara Mengatasinya

Tidak ada yang akan menjaimin pastinya bahwa saat Anda menjalin suatu hubungan asmara dengan seorang pria Anda pun kemudian tidak akan bertengkar ataupun berselisih...

Cara Bijak Melupakan Mantan

Sangatlah menjengkelkan jika Anda sedang buru-buru tapi Anda lupa dimana terakhir menaruh kunci kendaraan Anda. Atau ingin menuliskan jawaban pada lembar ujian, tapi lupa...