" Terbang menuju dekade pertama,
tetap kuat tetap menjulang"

" Terbang menuju dekade pertama, tetap kuat tetap menjulang"

Hal-Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Kanker Payudara

Hal Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Kanker Payudara oleh SegiEmpatSaat mengetahui bahwa dirinya terkena kanker payudara, seorang wanita pasti akan merasa sangat khawatir dan merasa hidupnya akan segera berakhir.  Bagi Anda yang mengalami hal ini, Anda tidak perlu khawatir karena masih ada cara untuk mengobatinya. Bagi Anda yang belum terdiagnosa, sebaiknya Anda melakukan pencegahan dan pendeteksian dini agar Anda masih bisa memiliki harapan hidup yang lebih lama.

Menanggapi hal ini, Dr Sanjay Dudhat, yang merupakan konsultan dan ahli bedah onkologi, Dr Bhavana Parikh, yang merupakan konsultan dan ahli onkologi medis dan Dr Deepak Patkar, yang merupakan konsultan dan ahli radiologi, yang merupakan tim spesialis onkologi di BNH HCG Cancer Center memberi pemahaman tentang kanker payudara.

Berikut ini adalah hal-hal tentang kanker payudara yang sebaiknya Anda ketahui dan beberapa upaya deteksi disini yang bisa Anda lakukan, seperti yang dikutip dari Medindia :

  • Fakta penting tentang kanker payudara

Ada beberapa fakta penting tentang kanker payudara yang wajib Anda ketahui, yaitu :

–      Resiko untuk terkena kanker payudara terdapat pada semua wanita dan beberapa orang pria.

–      Ada satu dari 22 orang wanita yang didiagnosa menderita kanker payudara di India.

–      Ada satu orang wanita yang didiagnosa terkena kanker payudara setiap 6,5.

–      Seiring bertambahnya usia, resiko kanker payudara pada seseorang meningkat, meskipun sebagian wanita tersebut tidak mempunyai faktor resiko lain yang dikenal.

–      Hubungan kekerabatan atau keturunan memberi konstribusi sekitar 8 hingga 10 persen pada kasus kanker payudara.

  • Tanda-tanda dari kanker payudara

Tanda-tanda bahwa Anda terkena kanker payudara adalah terjadi pembengkakan, adanya penebalan atau benjolan, kulit yang hangat, atau payudara Anda yang berwarna gelap atau kemeraha. Indikasi lain dari kanker payudara adalah perubahan bentuk dan ukuran payudara atau jika terdapat kerutan pada kulit di sekitar payudara. Terjadinya ruam, kulit bersisik, gatal dan disertai rasa sakit pada puting payudara adalah tanda lain dari kanker payudara. Jika Anda mendapati tanda-tanda seperti ini, sebaiknya Anda segera menemui dokter.

  • Anda bisa memeriksa diri sendiri

Anda bisa melakukan beberapa cara pemeriksaan terhadap diri Anda sendiri.

Cara pertama, memeriksa dari luar : berdiri di depan cermin, kedua lengan Anda berada di sisi tubuh (posisi siap). Setelah itu, dua tangan Anda ditaruh di pinggang atau diangkat ke atas kepala dan tegangkan otot dada. Setelah itu, perhatikan dengan seksama, apakah Anda melihat tanda yang sudah disebutkan diatas.

Cara kedua, merasakan jaringan payudara : berbaringlah dengan posisi telentang,  taruhlah bantal di bawa bahu Anda dan letakkan lengan Anda di atas kepala. Periksa jaringan payudara Anda dengan sentuhan lembut dan pola membujur. Sentulah semua jaringan yang berhubungan dengan jaringan payudara Anda, mulai dari tulang selangka, ketiak, tulang dada, dan tulang rusuk. Salah satu indikasi bahwa Anda terkena kanker payudara adalah ada rasa sakit atau keadaan yang tidak wajar. Jika menemukan, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

  • Anda bisa mencegah kanker payudara

Agar Anda tidak lupa, berikan tanda pada kalender Anda saat Anda melakukan pemeriksaan payudara dan ulangi pada tanggal tersebut di bulan berikutnya. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan klinis di dokter minimal 6 bulan sekali. Jika Anda telah berusai 40 tahun, sebaiknya Anda melakukan mammogram tahunan. Namun Anda bisa melakukannya lebih awal jika dalam keluarga ada yang memiliki riwayat penyakit kanker.

S. Gelmani Rabiah
S. Gelmani Rabiah
Seorang wanita yang senang membaca, traveling, main game dan bela diri. Sangat suka dengan sesuatu yang rumit dan menantang.

More from author

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel terkait

Advertismentspot_img

Artikel terbaru

Hubungan Semakin Kuat Dengan Mengurangi Intensitas Telefonan

Disaat pasangan sudah merasa nyaman bersama pasangan, maka sudah menjadi hal yang umum jika pada kondisi demikian pasangan akan melakukan berbagai upaya agar hubungan...

4 Cara Bijak Menyeimbangkan Hubungan Asmara Dengan Teman

Kehidupan seseorang tentu akan tidak akan hanya membuatnya berada dalam lingkup kehidupan bersama keluarga terlebih hanya bersama orang tuanya, melainkan kehidupan sejak ia masih...

4 Tanda Saat Wanita Sangat Bergantung Dengan Kekasihnya

Tujuan dalam membina suatu hubungan asmara dengan seseorang tentu adalah agar masing-masing pasangan dapat mengerti dan memahami pasangannya terhadap keinginan mereka satu sama lain....