Pria sering disebut-sebut sebagai individu yang kuat, dan pemimpin bagi kaum wanita. Tapi nyatanya pria yang disebut kuat, jantan dan pemimpin itu malah sering terlihat bodoh bila berhadapan dengan seorang wanita.

Jika Anda adalah seorang pria yang  pernah merasa lidah menjadi kelu atau salah tingkah di hadapan seorang wanita, maka Anda bukan satu-satunya pria yang mengalami hal tersebut. Sebuah penelitian yang dilakukan di Belanda menunjukkan bahwa ternyata ketika seorang pria berinteraksi dengan wanita, atau bahkan hanya berpikir untuk melakukan interaksi dengan wanita, dapat membuat seorang pria menjadi bodoh.

Well, sebenarnya sih tanpa penelitian pun hal seperti itu sudah ketahuan sih. Ya karena memang ada banyak pria yang seperti itu. Nah, bagi Anda para pria tentu bertanya-tanya bukan? kenapa Anda jadi salah tingkah di depan wanita?

Fakta-Fakta yang Menyebabkan Pria jadi Salah Tingkah

Faktanya melihat pria yang kelihatannya kuat dan berani, tapi jadi kikuk saat berhadapan dengan wanita itu memang bukan hal yang baru. Hal ini berkaitan dengan adanya upaya pria untuk memikat lawan jenis mereka. Tidak seperti dengan sebagian besar wanita yang lebih peduli dengan penampilan fisik, para pria umumnya mencoba untuk terlihat pintar atau lucu di depan wanita yang menarik perhatiannya.

Menurut beberapa ahli, hal tersebut berkaitan dengan teori evolusi. Dimana para pria secara alami di dalam diri mereka selalu merasakan dorongan untuk menunjukkan pada wanita kalau dia adalah pria yang terbaik untuk dipilih, yang terbaik dan yang paling cocok untuk dijadikan sebagai pasangan.

Well, memang hal seperti itu terkesan berlebihan namun para peneliti justru menunjukkan kalau dorongan seperti itu sebenarnya sangat wajar karena merupakan hal alami yang terjadi pada setiap pria.

Hal itu ditemukan setelah sekelompok peneliti melakukan penelitian yang mendalam. Para peneliti di Belanda yang melakukan penelitian dengan merekrut mahasiswa sebanyak 71 orang dan meminta masing-masing untuk menyelesaikan serangkaian pertanyaan sederhana untuk mengukur kemampuan kognitif mereka. Dalam proses tersebut, 71 mahasiswa, baik laki-laki maupun perempuan, diberitahukan bahwa mereka akan diamati oleh seseorang dari lawan jenis mereka.

Setelah diberikan informasi tersebut, hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja kognitif pria menurun sekitar 14%, meskipun pria tersebut tidak tahu siapa dan seperti apa perempuan itu terlihat. Menurut penelitian, hal ini disebabkan karena pria sedang berusaha mempersiapkan pemikiran interaksi mendatang, apa yang harus mereka katakan pada pasangan interaksi mereka, mencari tahu bagaimana agar mereka dapat membuat kesan yang baik, dan hal ini ternyata memerlukan sumber daya kognitif.

Penelitian juga menunjukkan bahwa pria lebih lambat dan kurang akurat ketika mencoba untuk mebuat wanita terkesan. Semakin pria berusaha membayangkan seperti apa wanita tersebut, maka kemampuan kognitif mereka akan semakin menurun. Hal inilah yang membuat pria dan itu berarti Anda jadi salah tingkah saat berhadapan dengan wanita.

Dengan keberadaan seorang wanita, pria kadang tidak tahu harus berkata apa, mereka tidak bisa berpikir jernih ketika ada seorang wanita didekatnya. Pria sangat memikirkan apa yang disebut “manajemen kesan” karena banyak dari mereka yang memegang teguh bahwa kesan pertama adalah yang terpenting, jika kesan pertama berjalan lancar, maka akan mudah untuk melakukan pertemuan-pertemuan selanjutnya.

Pada dasarnya, pria akan berusaha tampak keren di depan wanita yang baru ditemuinya. Pria berusaha menunjukkan otot-otot kekar mereka untuk menarik perhatian wanita. Akan tetapi hal tersebut dilakukan pria jika mereka menganggap bahwa wanita tersebut berpotensi untuk menjadi pasangan seksual mereka. Selain itu studi sebelumnya juga menunjukkan bahwa pria akan menjadi lebih bodoh apabila wanita yang mereka temui sangat menarik.

Nah, jadi sebenarnya salah tingkah, grogi, nervous sampai tiba-tiba seperti merasa lemah, keringat dingin dan jadi suka mengigau itu adalah hal yang biasa. Cuma nyatanya hal seperti ini malah membuat Anda jadi tidak bisa membuat wanita terkesan. Jadi penting untuk diingat, apalagi Anda yang sekarang ini sedang berusaha untuk menemukan tulang rusuk yang kesasar entah kemana, biar tidak salah tingkah tidak usah terlalu memaksakan diri untuk membuat wanita terkesan. Cukup lakukan yang terbaik menurut Anda, bersikap santai dan biasa.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY