Gangguan Psikologis Pada Remaja 1 oleh SegiEmpatMasa remaja merupakan masa-masa yang paling indah dalam hidup manusia. Hal tersebut mungkin bagi sebagian besar telah dipercaya oleh banyak kalangan. Pada dasarnya masa remaja memang merupakan masa yang sangat berkesan, begitu banyak tingkah aneh dikala itu mulai dari aksi jahil di sekolah hingga aksi-aksi nakal seperto membolos sekolah, main kucing-kucingan dengan guru perkelahian antar pelajar hingga antar sekolah. Sebenarnya semua pengalaman tersebut seolah sudah begitu melekat dengan kehidupan Anda dimasa lalu, tapi bagaimana dengan sekarang? Di usia tersebut memang merupakan masa-masa yang labil, bahkan beberapa pakar psikologis juga menyatakan jika di usia tersebut memang merupakan masa pencarian jati diri.

Semua kenakalah tersebut memang seperti telah menjadi bagian dalam kehidupan remaja, tapi tahukah Anda jika hal tersebut sebenarnya adalah gangguan psikologis? Mungkin bagi Anda yang saat ini telah memasuki usia dewasa masih menganggap beberapa kenakalan tersebut sebagai sebuah hal yang wajar pada masa Anda, tapi dimasa sekarang berbagai aksi kenakalan sepertinya sudah semakin parah. Bahkan aksi-aksi geng motor yang di dominasi oleh kalangan remaja sudah merambah hingga aksi kriminal. Pasalnya tak hanya tawuran antar sekolah kenakalan yang sebenarnya adalah masalah psikologi mulai menimbulkan aksi kekerasan berupa penganiayaan, pencurian hingga tindak kriminal berat seperti pembunuhan.

Menilik dari hal tersebut Anda tentunya bertanya-tanya apa yang menjadi penyebabnya? Benarkah semua aksi tersebut merupakan gangguan psikologis? Pada dasarnya semua hal tersebut memang berdasar pada kondisi psikologis mereka, karena masih ada segelintir pelajar yang tidak melakukan kenakalan tersebut. Umumnya kenakalan merupakan gangguan yang terjadi pada psikologis mereka, kenapa? Karena semua hal tersebut kembali lagi dari lingkungan mereka sendiri.

Pada dasarnya penyebab gangguan psikologis pada remaja disebabkan oleh dua hal yaitu faktor keluarga dan juga pengaruh rekan sebaya.

Faktor Keluarga

Tingkah laku sangat dipengaruhi oleh bagaimana cara mendidik mereka sejak kecil, Antara lain:

Sikap Acuh dari Orang Tua

Umumnya anak yang mengalami gangguan pada mental atau psikologisnya mengalami masa yang buruk atau cara mendidik yang kurang tepat dari kedua orang tuanya. Misalnya orang tua yang memberikan kebebasan yang luas terhadap anaknya sehingga anak justru cenderung tidak peduli dengan kehidupan sosialnya seperti sikap toleransi. Bahkan metode didikan ini justru secara tidak langsung akan membangun mental yang buruk karena sejak kecil ia tidak tahu mana yang benar dan mana yang salah.

Terlalu Mengekang

Metode didikan yang membatasi lingkungan hidup anak juga merupakan metode yang akan menimbulkan gangguan pada anak. Orang tua yang telalu mengekang anaknya justru akan membangun mental yang pasif, sangat bergantung dengan orang lain, penakut dan tidak percaya diri.

Menentukan Pilihan Sesuai Keinginan Orang Tua

Psikologi Remaja oleh SegiEmpatSalah satu penyebab terjadinya gangguan pada mental anak akibat cara didikan orang tua adalah menekan keinginan mereka sendiri tanpa memperdulikan keinginan anaknya. Hal tersebut memang masih cukup wajar karena orang tua tentunya menginginkan yang terbaik bagi anak mereka seperti kesuksesan yang mereka raih. Tapi sebenarnya dengan metode didikan seperti ini justru akan membangun mental anak yang cenderung agresif, tidak bertanggung jawab dan mementingkan diri sendiri.

Pengaruh Teman

Lingkungan memang adalah faktor yang sangat menentukan mental seseorang, hal tersebut juga berlaku bagi kalangan remaja. Kenapa? karena masa tersebut adalah masa hubungan sosial dengan banyak orang dan tidak hanya seputar lingkungan keluarga. Hal tersebut pula yang membuat mereka mudah terpengaruh oleh rekan ssebaya mereka karena rekan adalah sumber inspirasi mereka apalagi jika temannya termasuk pelajar yang populer disekolah. Namun anehnya sekarang ini berstatus sebagai pelajar nakal justru lebih cenderung di ikuti ketimbang pelajar yang berstatus sebagai siswa teladan.

Faktor lingkungan adalah faktor yang paling besar dalam perkembangan hidup manusia. Dengan lingkungan yang sehat dalam keluarga dan juga pergaulan mereka perkembangan mental anak pun sejatinya dapat terhindar dari gangguan mental seperti tidak percaya diri hingga agresif. Mental yang tidak terbentuk justru cenderung akan menimbulkan gangguan hidup anak dimasa depan.

5 COMMENTS

  1. selalu, negara dibangun bukan dengan pemerintahan saja. tapi yang jauh lebih penting adalah bagaimana keluarga yang membangun anak-anaknya.

  2. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Dunia Psikolog, menurut saya bidang studi Psikologi merupakan bidang studi yang sangat menarik
    juga banyak hal yang bisa dipelajari di dunia Psikologi.

LEAVE A REPLY