puasa membuat tubuh lebih sehat oleh Kesehatan SegiEmpatBerpuasa tidak hanya akan menyucikan jiwa kita tapi juga bisa membuat tubuh lebih sehat. Menahan lapar, haus, nafsu dan amarah selama seharian tidak hanya akan membuat jiwa Anda bersih dan suci tapi juga akan memberi dampak positif bagi kesehatan tubuh. Hal inilah yang membuat umat Muslim selalu menunggu bulan suci ini.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi alasan kenapa puasa bisa membuat tubuh lebih sehat:

  • Dapat Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang mengalami obesitas dan memang berniat untuk membuat angka di timbangan Anda lebih bersahabat, Anda bisa memanfaatkan momentum di bulan Ramadhan ini. Anda tidak perlu berlapar-lapar ria dan menyiksa diri seperti yang dilakukan oleh banyak orang. Yang perlu Anda lakukan adalah tidak makan secara berlebihan saat sahur dan buka puasa. Selain itu, menu makanan yang sebaiknya Anda santap saat buka puasa adalah roti, sup serta makanan lain yang rendah kalori dan lemak.

  • Dapat Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Tidak mengkonsumsi makanan atau minuman dalam jangka waktu yang cukup lama akan membuat kadar gula dalam darah Anda menurun. Hal inilah yang membuat tubuh akan melepaskan glukosa yang tadinya disimpan sebagai cadangan energi menjadi energi yang Anda butuhkan untuk bisa tetap melakukan aktivitas selama berpuasa. Bagi Anda yang memiliki kadar gula darah yang tinggi, Anda bisa memanfaatkan momentum puasa ini untuk menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh Anda. Namun jika Anda memiliki penyakit diabetes, sebaiknya Anda mengkonsultasikan ini dengan dokter Anda.

  • Membuat Anda Terbiasa untuk Melakukan Gaya Hidup Sehat

Saat sedang berpuasa, kebiasaan Anda untuk mengkonsumsi makanan manis dan makanan sehat akan berkurang. Hal inipun akan membuat Anda menjadi terbiasa untuk melakukan gaya hidup sehat. Selain itu, Anda juga menjadi terbiasa untuk mengkonsumsi makanan yang diproses secara perlahan dalam tubuh seperti makanan berserat tinggi dan juga biji-bijian. Mengkonsumsi makanan seperti ini akan membantu Anda untuk tidak merasa kelaparan saat berpuasa di siang hari sehingga Anda akan terbiasa untuk tidak kalap saat makan.

Jadi kalau Anda mampu, tidak ada alasan untuk tidak berpuasa.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY