Menyeimbangkan Hormon dengan Alami oleh SegiEmpatDalam tubuh manusia terdapat berbagai jenis hormone, dimana semua hormon tersebut memiliki peran masih-masing terhadap tubuh kita. Hormon yang terdapat dalam tubuh ternyata memiliki peran yang besar terhadap kesehatan, bahkan saat hormon tersebut tidak seimbang dalam artian ada satu jenis hormon yang mendominasi maka hal tersebut akan memberikan efek samping yang bisa memicu masalah kesehatan. Sejumlah peneliti mengungkapkan bahwa ketidakseimbangan hormon dapat menimbulkan berbagai gangguan terhadap tubuh, seperti depresi, kelelahan, rambut rontok, insomnia, obesitas hingga masalah libido.

Hormon memang memiliki peran yang sangat viral terhadap tubuh dan kesehatan tubuh itu sendiri, maka dari itu para pakar kesehatan menyarankan agar semua orang dapat menyeimbangkan hormon dalam tubuhnya. Untuk menyeimbangkannya pun para pakar kesehatan mengatakan tidak harus melakukan cara-cara yang aneh atau mengkonsumsi beberapa jenis obat-obatan tertentu. Karena setiap orang bisa menyeimbangkan hormon dengan alami, bagaimana cara menyeimbangkannya secara alami? Berikut ulasannya.

Perhatikan Pola Tidur

Salah satu cara alami untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh adalah dengan memperhatikan pola tidur Anda. Para pakar sangat menyarankan agar Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap harinya, atau sekitar 7 sampai 8 jam waktu tidur di malam hari. Hal ini sangat membantu kadar kortisol yang dapat menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

Kurangi Asupan Kedelai

Kedelai menjadi salah satu bahan makanan yang bermanfaat untuk tubuh, namun tetap saja jika di konsumsi secara berlebihan kedelai juga bisa membawa gangguan salah satunya adalah mengganggu keseimbangan hormon. Maka dari itu para pakar menyarankan untuk bisa mengurangi asupan kedelai karena kedelat dapat mengganggu dan memicu peradangan yang memicu masalah baru pada hormon dalam tubuh.

Perhatikan Asupan Kafein

Mengontrol asupan kafein juga menjadi salah satu cara alami untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh Anda. Pasalnya, kafein sangat berpotensi meningkatkan kadar hormon stres, menurunkan produksi tiroid dan mengganggu seluruh sistem dalam tubuh. Para pakar menyarankan agar Anda tidak mengkonsumsi kafein lebih dari dua cangkir dalam satu hari, hal ini menjadi cara yang paling baik untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh Anda.

Penuhi Asupan Cairan

Menghindari dehidrasi juga disebut menjadi cara alami yang sangat baik untuk menyeimbangkan hormon tubuh. Tidak hanya meminum air putih tapi juga memenuhi cairan alami dari buah dan sayuran segar.

Satu lagi, untuk wanita yang telah berpasangan sangat dianjurkan agar Anda tidak mengkonsumsi pil KB. Pasalnya, dari hasil penelitian pil KB ternyata dapat merusak keseimbangan hormon dan bisa meningkatkan kadar esterogen yang dapat meningkatkan risiko diabetes, serangan jantung, stroke dan juga kanker payudara.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY