Mengendalikan Rasa Lapar oleh SegiEmpatRasa lapar sebenarnya merupakan hal yang wajar disaat tubuh kita membutuhkan pasokan energi. Ya, rasa lapar tentu bukan menjadi masalah yang bisa memberikan dampak buruk berlebih pada tubuh, tapi jika itu sudah berlebihan maka tentunya akan menimbulkan masalah kesehatan. Seperti kata pepatah semua hal yang berlebih itu tidak baik karena bisa merugikan diri kita sendiri. Tidak hanya dapat membuat kita mengalami obesitas tapi juga menyebabkan penyakit-penyakit lain yang sangat berbahaya.

Nah, untuk itu rasa lapar yang berlebih harus bisa dikendalikan. Menurut sejumlah pakar kesehatan rasa lapar dipengaruhi oleh dua hormon yang ada dalam tubuh, yaitu hormon ghrelin dan leptin. Kedua hormon tersebutlah yang ternyata sering diabaikan oleh tubuh sehingga menyebabkan rasa lapar yang berlebihan meski sebenarnya kita baru saja mengkonsumsi makanan berat. Bagaimana cara mengendalikan rasa lapar? Berikut ulasannya.

Penuhi Waktu Tidur

Hasil penelitian dari sejumlah pakar kesehatan menyebut jika waktu tidur adalah salah satu kunci penting untuk membantu mereka yang ingin menjaga berat badannya. Bahkan, dengan tidur 6 sampai 8 jam setiap harinya kita dapat mengendalikan bahkan menurunkan kadar hormon leptin dan ghrelin yang dapat memicu rasa lapar yang berlebihan. Selain dapat mengendalikan pola makan tidur tentu sangat baik untuk menjaga berat badan agar tidak mengalami kegemukan.

Mengkonsumsi Protein

Salah satu hal yang menyebabkan obesitas adalah makanan karbohidrat yang dikonsumsi secara berlebihan. Hal tersebutlah yang sering diajurkan oleh pakar kesehatan untuk mengurangi atau setidaknya mengendalikan asupan makanan karbohidrat setiap harinya. Tapi, selain mencegah obesitas, mengurangi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat ternyata juga sangat baik untuk mengendalikan hormon leptin. Sebagai pengganti makanan yang mengandung protein tinggi sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, namun tetap dalam batas yang wajar.

Mengendalikan Stres

Mental atau psikis yang tertekan seperti stres atau depresi juga sangat berpengaruh terhadap hormon yang memicu rasa lapar berlebihan yaitu hormon ghrelin. Dari hasil penelitian stres atau depresi mampu meningkatkan kadar hormon ghrelin dalam tubuh sehingga menyebabkan kamu merasa lebih sering lapar. Nah, untuk mengendalikannya, para pakar kesehatan menganjurkan agar kamu bisa mencegah stres atau mengolah stres dengan lebih baik.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY