manfaat air putih oleh segiempatSebenarnya kesehatan Anda hari ini dan dihari kemudian sangat amat bergantung dengan air putih. Mungkin selama ini Anda hanya mengkonsumsi air putih untuk memuaskan dahaga Anda setelah beraktivitas atau sekedar membersihkan tenggorokan Anda setelah makan. Tapi sebenarnya, serangkaian sistem dalam tubuh Anda hanya bisa bekerja dengan maksimal dengan asupan air putih yang cukup setiap harinya. Dengan mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang banyak, Anda sudah menghindarkan diri Anda dari berbagai penyakit berbahaya yang beberapa diantaranya bahkan bisa berakibat fatal bagi Anda. Untuk lebih mengerti manfaat dari minum air putih dengan jumlah yang banyak setiap harinya, di bawah ini saya uraikan beberapa manfaat dari air putih untuk kesehatan tubuh:

1. Air Putih Meningkatkan Energi

Sering mengantuk dan menguap adalah biasanya adalah salah satu akibat yang terjadi setelah kita makan banyak. Energi yang ada lebih banyak digunakan untuk mencerna porsi makanan yang besar yang baru saja kita santap. Keadaan ini disebut food coma. Tapi apakah Anda biasa merasa mengantuk dan menguap pada siang hari bahkan disaat sedang lapar? Orang-orang bisa saja bilang itu terjadi karena Anda malas (dan mungkin juga benar). Tapi ada kemungkinan Anda kurang minum air putih, karena mengantuk dan menguap juga adalah bentuk lain dari dehidrasi.

Ini salah satu alasan kenapa kita tidak sebaiknya menganggap enteng konsumsi air putih sehari-hari. Karena air putih tidak hanya bertugas untuk memuaskan rasa haus Anda, tapi juga dapat meningkatkan energi saat Anda sedang beraktivitas. Tentu saja energi yang diberikan dengan mengkonsumsi air putih tidak sebanyak energi yang Anda dapatkan dari karbohidrat dan protein pada makanan. Tapi seperti yang saya bilang sebelumnya, terlalu banyak makan juga tidak akan memberikan Anda sebanyak-banyaknya energi, malah bisa membuat Anda terkana food coma yang hanya akan membuat Anda terlihat seperti orang rakus yang malas.

2. Air Putih Menguatkan Tulang

Kekuatan dorong dan menarik yang Anda miliki tidak serta merta hanya berasal dari otot saja. Kekuatan yang Anda miliki juga berasal dari tulang kuat yang menjadi tempat otot Anda menempel. Maka untuk mempertahankan kekuatan, kesehatan tulang pun perlu dijaga. Lalu, bagaimana caranya untuk menjaga kesehatan tulang?

Salah satunya adalah dengan banyak minum air putih. Sel yang terdapat di dalam tulang adalah penanggung jawab kesehatan tulang Anda. Untuk itu, sel-sel tulang membutuhkan asupan air yang cukup untuk dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal. Jadi secara tidak langsung, Anda sendirilah yang bertanggung jawab untuk meningkatkan ketahanan tulang Anda dengan konsumsi air yang cukup setiap harinya.

Manfaat air putih memang sangat besar untuk tubuh Anda. Jika 20 tahun mendatang Anda sudah merasa bungkuk saat berjalan, ada kemungkinan karena Anda tidak betul-betul membaca poin ini dengan baik.

3. Air Putih Proses Pembersihan Racun Dalam Tubuh

Sistem pencernaan kita tidak sesederhana yang kita semua bayangkan. Ketika Anda menumpahkan racun di lantai, tentu saja Anda hanya butuh air putih dan lap kering untuk menyelesaikan masalah. Tapi tidak dengan proses pencernaan kita. Perlu dicatat bahwa air putih tidak menawar racun dalam tubuh kita. Walaupun demikian, air yang kita konsumsi setiap hari punya peran yang penting dalam proses pembersihan racun tersebut dari dalam tubuh kita. Itulah kenapa orang-orang yang keracunan biasanya disarankan untuk meminum air banyak air putih dalam proses pengobatannya.

Sistem limfatik pada tubuh Anda adalah rangkaian organ yang bekerja sama dalam proses menawar racun yang masuk secara sengaja ataupun tidak sengaja. Beberapa diantaranya adalah hati, ginjal dan usus. Kedua bagian dari sistem limfatik ini sangat membutuhkan air untuk mendukung kinerjanya. Jika asupan air yang Anda konsumsi cukup untuk didistribusikan ke organ-organ sistem limfatik yang membutuhkan, maka proses menawar racun akan maksimal. Ini secara tidak langsung membuat air putih juga memegang peranan penting dalam proses menawar racun tersebut.

Pada proses akhir penawaran racun di dalam tubuh, air jugalah yang membersihkannya dan membawanya ke sistem pembuangan untuk kemudian dipecah dan dijadikan urin serta feses. Jadi jika pembuangan racun yang telah ditawar oleh tubuh Anda juga terkendala, itu juga karena Anda kurang minum air putih.

4. Air Putih Meningkatkan Vitalitas Otak

Apa yang Anda konsumsi akan diurai oleh tubuh dan kemudian didistribusikan oleh darah ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkan, tidak terkecuali otak. Vitalitas otak sangat bergantung kepada apa yang telah Anda konsumsi dan sebaik apa distribusi darah ke otak. Tapi jangan salah, makanan bukan satu-satunya yang dibutuhkan otak untuk bisa bekerja dengan vitalitas yang maksimal. Konsumsi air putih juga berperan penting bagi kinerja dan vitalitas otak Anda dalam berkegiatan sehari-hari. Ini kemudian menambah alasan pentingnya minum air putih dengan kadar yang cukup setiap harinya.

Pada bagian terkecil pada otak kita terdapat aplikasi listrik yang membuatnya bekerja sebagaimana mestinya. Menurut perkiraan para ahli, listrik yang ada pada otak manusia hampir sama besarnya dengan sebuah bola lampu dengan kekuatan listrik 60 watt. Agar fungsi listrik ini dapat bekerja sebagaimana mestinya, otak membutuhkan suplai air dengan kadar yang cukup. Mereka yang mengkonsumsi air dengan cukup setiap harinya dapat memaksimalkan kinerja dan vitalitas otak mereka dalam berkegiatan sehari-hari. Kadar air yang dibutuhkan otak ini sudah ditentukan, jadi jangan takut otak Anda kebanjiran air karena terlalu banyak minum air putih.

Otak adalah inti dari efisiensi kegiatan manusia sehari-hari. Setiap pergerakan bagian tubuh Anda adalah refleksi perintah yang dikirimkan dari otak. Memaksimalkan kinerja dan vitalitas otak tentunya penting untuk semua orang. Air putih memang bukan satu-satunya asupan yang dibutuhkan otak untuk bekerja dengan maksimal. Tapi ada baiknya jika setiap kebutuhan itu bisa Anda penuhi agar otak Anda tetap stabil vitalitasnya di segala waktu.

Untuk anak-anak terutama yang susah makan, disarankan untuk tetap banyak mengkonsumsi air putih walaupun makannya jarang. Hal ini dimaksudkan untuk tetap menjaga suplai oksigen ke otaknya tetap terjaga dan metabolismenya juga agar bisa tetap stabil. Anak-anak memang secara umum membutuhkan cairan yang jauh lebih banyak karena aktifitasnya yang lebih tinggi dibanding orang dewasa.

5. Air Putih Menyehatkan Kulit

Sudah merupakan hal yang pasti bahwa ketika Anda terlahir dengan kulit hitam, satunya-satunya cara untuk bisa jadi putih adalah dengan operasi plastik seperti yang dilakukan sang Raja Pop, Michael Jackson. Inilah yang membuat saya tidak mengerti mengapa wanita sangat percaya bahwa perawatan yang mahal dapat membuat mereka menjadi putih. Yang lebih parah lagi, ada juga yang percaya bahwa lulur dapat membuat kulit mereka putih. Ini sama bodohnya dengan percaya bahwa Morgan Smash itu bukan banci.

Tapi jika orang mengatakan bahwa dengan perawatan kulit dapat kelihatan lebih bersih dan bersinar, itu benar. Karena sebenarnya Anda hanya butuh asupan air putih yang cukup saja untuk bisa menjaga cerahnya kulit Anda. Air putih juga terbukti mampu mempertahankan kulit agar tidak cepat keriput. Apa yang membuat air putih punya pengaruh besar terhadap kesehatan kulit?

Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, air putih adalah salah satu faktor yang penting dalam proses menawar racun dalam tubuh dan juga membersihkan racun tersebut hingga ke tempat pembuangan di dalam tubuh. Bersih dari racun ini adalah salah satu faktor yang membuat kesehatan dan kecerahan kulit Anda terjaga dengan baik hanya dengan air putih. Kesehatan kulit juga sangat bergantung dengan kelembapan kulit itu sendiri, jadi jangan selau menganggap keringat pada kulit Anda itu sesuatu yang buruk. Dengan asupan air yang cukup, Anda tidak akan pernah bermasalah dalam mengeluarkan racun dan zat-zat hasil metabolisme lain melalui keringat.

Salah satu manfaat air putih yang paling penting dalam hubungannya dengan kesehatan kulit adalah bahwa air putih dapat membuat kulit Anda bersih dari kotoran yang menempel. Tidak percaya? Coba saja tempelkan kotoran pada kulit Anda dan basuhlah dengan air putih. 😛

6. Air Putih Memaksimalkan Kinerja Sistem Pencernaan

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, air putih sangat penting bagi organ-organ dalam tubuh untuk bisa bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing secara maksimal. Faktanya, hampir semua kegiatan alam bawah sadar yang terjadi di dalam tubuh kita memerlukan asupan air yang cukup agar tidak menimbulkan efek-efek samping yang buruk pada tubuh. Salah satu sistem dalam tubuh yang paling membutuhkan air adalah sistem pencernaan.

Organ-organ yang bekerjasama untuk memproses makanan yang telah Anda konsumsi dirangkum dalam sebuah sistem yang disebut sistem pencernaan. Setiap organ yang mengambil fungsi masing-masing dalam sistem pencernaan ini sangat bergantung pada asupan air yang cukup untuk memaksimalkan kinerjanya. Sistem limbah dalam tubuh juga seperti itu. Proses dari dicernanya makanan hingga dibawa ke tempat penampungan kotoran untuk kemudian siap dikeluarkan dari dua lubang yang tersedia sangat membutuhkan peranan air di dalamnya. Itulah kenapa salah satu penyebab sembelit selain kurang makan makanan yang berserat adalah kurangnya minum air putih.

7. Air putih Meningkatkan Kinerja Organ Vital

Beberapa efek kurang minum air putih memang tidak bisa Anda rasakan langsung hingga saat Anda mencapai tingkat kronis. Salah satu organ vital yang sangat bergantung kepada asupan air secara tidak langsung adalah jantung Anda sendiri. Ketika Anda dalam kondisi kurang minum air, jantung dengan otomatis harus bekerja jauh lebih keras dari biasanya dalam memompa darah ke seluruh tubuh karena darah Anda dalam keadaan yang lebih kental.

Pada saat ini terjadi mungkin Anda memang tidak langsung merasakan efeknya pada tubuh Anda. Tapi adanya gangguan pada kinerja jantung yang berfungsi sebagai penyuplai darah utama ke seluruh bagian tubuh tentu juga memberikan pengaruh buruk terhadap kinerja bagian tubuh Anda yang lain, tidak terkecuali organ-organ yang juga harus bekerja dengan bantuan dari darah dan nutrisi yang dibawanya. Ketika ini sudah terjadi beberapa lama, Anda baru akan mulai merasakan efeknya yang mungkin hanya akan diawali dengan gejala ringan seperti cepat merasa lelah, mengantuk dan pegal-pegal. Jika sudah mulai parah, masing-masing sistem dalam tubuh Anda akan memberikan masalah, mulai dari susah buang air besar, bahkan hingga batu ginjal. Jadi dengan minum air putih secara teratur dengan jumlah yang cukup setiap harinya bisa menghindarkan Anda dari gangguan-gangguan kesehatan yang bisa datang kepada Anda dari masing-masing organ vital.

LEAVE A REPLY