Makanan Pengganti Nasi oleh SegiEmpatIndonesia memang dikenal sebagai Negara yang memiliki cita rasa yang khas terhadap semua jenis makanannya, dan salah satu menu yang kental dengan makanan Indonesia adalah Nasi putih. Nasi putih memang sangat melekat bagi seluruh kalangan, bahkan makan tanpa nasi kerap dirasa tidak lengkap. Ayo ngaku siapa yang merasa tidak kenyang kalau tidak makan nasi? Tidak perlu malu karena faktanya makan tanpa nasi memang terasa hambar bahkan tak afdol rasanya kalau makan tanpa nasi.

Namun, jika dilihat dari sisi kesehatan nasi sebenarnya memiliki sejumlah risiko buruk. Nah, untuk itu sejumlah pakar kesehatan menyarankan agar mengganti nasi dengan beberapa jenis makanan lainnya yang memiliki kandungan karbohidrat dan gizi yang lebih baik dari nasi. Apa saja makanan pengganti nasi? Berikut ulasannya.

Ubi-Ubian

Ubi sebenarnya merupakan tanaman khas Indonesia, namun ubi kerap dilupakan sebagai menu makanan utama. Bahkan kebanyakan kalangan Ubi dijadikan sebagai menu sampingan. Padahal ubi-ubian merupakan menu makanan yang sehat pengganti nasi. Pasalnya, ubi memiliki kandungan karbohidrat dan beta karoten yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kentang

Selain ubi, kentang juga bisa menjadi menu pengganti nasi yang sehat. Pasalnya, kentang memiliki kandungan serat dan karbohidrat yang cukup kompleks, dan tentu saja selain menyehatkan kentang juga mampu mengenyangkan sama seperti nasi. Namun, para pakar kesehatan menyarankan agar kamu mengkonsumsi kentang yang di kukus ketimbang yang di goreng.

Yogurt

Yogurt termasuk sebagai menu makanan sehat, bahkan selain menyehatkan pencernaan dan juga meningkatkan kesehatan tulang yogurt pun ternyata memiliki efek mengenyangkan yang sama seperti nasi. Pasalnya, dari hasil penelitian yogurt juga mengandung karbohidrat, bahkan 6 ons yogurt memiliki kandungan 30 gram karbohidrat.

Oatmeal

Makanan ini sedang tren di banyak kalangan, tidak salah memang karena para pakar kesehatan pun menyebut menu makanan ini memiliki kandungan yang sangat menyehatkan dan membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi dan menyerap kolesterol jahat. Bahkan sejumlah pakar kesehatan menyebut jika oatmeal merupakan menu makanan yang memiliki kandungan karbohidrat super sehat.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY