makanan pencegah diabetes oleh Kesehatan SegiEmpatDiabetes adalah salah satu penyakit yang cukup berbahaya dan harus dihindari. Sayangnya sebuah hasil riset yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan mengungkapkan bahwa telah terjadi peningkatan penderita diabetes di Indonesia. Hal ini terjadi pola hidup yang semakin tidak sehat, peningkatan ekonomi masyarakat serta teknologi yang sudah semakin maju sehingga membuat resiko penyakit ini semakin meningkat. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mulai berusaha untuk menurunkan resiko diabetes dengan mengkonsumsi makanan pencegah diabetes.

Ada beberapa makanan yang terbukti bisa mencegah Anda mengalami mengalami penyakit mematikan ini. Berikut ini adalah beberapa makanan pencegah diabetes:

  • Buah Apel

Sebutir apel setiap hari akan membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh sebanyak 20 persen. Tidak hanya bermanfaat untuk pencernaan, serat ini juga akan membantu untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

  • Selai Kacang

Selai kacang dapat membantu Anda untuk mencegah lonjakan gula darah karena bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini karena selai kacang mengandung protein dan lemak tak jenuh tunggal. Selain menurunkan resiko diabetes, selai kacang juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

  • Jahe

Tidak hanya bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, jahe juga bisa membantu untuk mengurangi peradangan yang terjadi karena tingginya kadar insulin dalam tubuh. Hal ini karena jahe akan meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

  • Yoghurt

Saat mengkonsumsi yoghurt, pastikan kalau yoghurt tersebut rendah lemak untuk mencegah peningkatan berat badan yang merupakan faktor penyebab diabetes. Selain itu, yoghurt juga mengandung vitamin D dan kalsium yang bisa mencegah diabetes serta protein yang bisa menjag berat badan.

  • Ikan yang Mengandung Omega 3

Ada beberapa jenis ikan yang mengandung Omega 3 dan bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam darah sehingga bisa mengurangi peradangan dalam tubuh. Adapun ikan yang dimaksud adalah makarel, salmon, sarden dan tuna.

  • Buah Terong

Pastikan kalau Anda memasak terong beserta kulitnya. Karena kulit terong mengandung anthocyanin, yang merupakan senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah diabetes.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY