Makanan dan Minuman Pencegah Rematik oleh SegiEmpatSemua jenis asupan makanan dan minuman merupakan asupan yang sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh seseorang. Tidak hanya mengenai kesetahan tapi juga stamina hingga daya tahan tubuh. Sebenarnya hal tersebut sudah begitu di pahami oleh banyak kalangan, yang artinya jika mereka ingin mencegah terjadinya masalah kesehatan pada tubuhnya maka mereka harus memperhatikan dengan baik setiap jenis asupan makanan dan minuman yang ia konsumsi. Tapi lagi-lagi pemahaman tersebut hanya sekedar di pahami tanpa dilakukan.

Sekarang ini ada banyak macam masalah kesehatan yang bisa menjangkit siapa saja, termasuk jenis gangguan yang dulu identik dengan para lansia yaitu rematik. Kini masalah rematik mulai menembus batas usia, jika dulunya hanya terjadi pada mereka yang sudah berusia tua maka masalah rematik kini sudah banyak di jumpai pada anak-anak muda. Paling mengejutkan ternyata masalah rematik itu tidak dapat sembuh dengan total meski kini sudah banyak obat-obatan modern yang disebut bisa mengatasi masalah rematik. Hal tersebut diungkapkan oleh para peneliti yang menyebut jika masalah rematik tidak bisa disembuhkan dengan sempurna. Setiap jenis obat-obatan hanya mampu menguranginya, hal tersebut terjadi karena gangguan rematik dan asam urat faktanya bisa terjadi dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Tapi Anda tidak usah khawatir karena para pakar peneliti pun menyebut ada banyak jenis makanan dan minuman pencegah rematik. Nah, berikut beberapa diantaranya.

Teh Hijau

The hijau dikenal sebagai jenis minuman yang punya manfaat sehat dan mencegah penyakit salah satunya adalah mencegah rematik. Teh hijau dipercaya dapat menjadi asupan pencegah rematik karena mengandung antioksidan yang bisa mencegah peradangan dan kerusakan pada tulang. Hal tersebut terbukti dari sejumlah penelitian yang menyebut jika kandungan epigallocatechin dalam teh hijau bisa menekan molekul jahat yang dapat menyebabkan kerusakan pada bagian sendi. Tapi, sebaiknya Anda juga tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, karena teh hijau juga memiliki efek berbahaya pada tubuh.

Keju dan Yoghurt

Dua jenis makanan yang merupakan bahan olahan dari susu rendah lemak juga menjadi salah satu jenis asupan makanan pencegah rematik. Pasalnya, kandungan yang terdapat dalam keju dan yoghurt sangat kaya dengan kalsium dan vitamin D yang dapat mencegah peradangan dan tentu meningkatkan daya tahan tubuh.

Kedelai

Kedelai disebut oleh sejumlah pakar peneliti menjadi salah satu jenis asupan yang punya segudang manfaat untuk tubuh, baik itu saat menjadi makanan ataupun minuman. Pasalnya, kedelai sangat kaya akan protein, serat tapi rendah lemak yang tentu menjadi jenis asupan makanan dan minuman yang dapat mencegah peradangan pada tulang.

Ikan

Jenis makanan yang satu ini tentu menjadi makanan yang sangat populer. Sayangnya jenis makanan ini sekarang sudah mulai jarang dilirik kalangan masyarakat, padahal ikan memiliki kandungan omega 3 yang bisa mencegah rematik. Asam lemak omega 3 memiliki manfaat yang baik untuk mengurangi resiko peradangan yang diakibatkan produksi enzim berlebih. Hal ini di perkuat dengan hasil penelitian yang dilansir oleh Annals of Diseases yang menemukan fakta bahwa dari ribuan sampel mengkonsumsi ikan secara teratur dapat mencegah rematik hingga 50 persen.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY