Gula merupakan salah satu bahan yang hampir selalu ada disekitar kita, tidak hanya digunakan untuk menambah rasa pada makanan tapi juga digunakan pada berbagai asupan lainnya.

Hanya saja sayangnya para pakar peneliti dan juga pakar kesehatan menemukan fakta jika gula putih justru merupakan salah satu bahan yang dapat membahayakan kesehatan. Penggunaan gula putih terlalu sering apalagi terlalu banyak dapat berujung dengan munculnya berbagai macam penyakit. Mulai dari diabetes, gangguan hati hingga penyakit paling mematikan di dunia yaitu kanker. Pastinya Anda sendiri tidak mau mengalaminya bukan?

Bahan Alami Pengganti Gula oleh SegiEmpatUntuk itu disarankan agar Anda dapat membatasi konsumsi gula, memang tidak mudah apalagi jika Anda termasuk pribadi yang sangat suka dengan semua makanan yang manis. Tapi sebenarnya tanpa menggunakan gula putih Anda tetap bisa memaniskan makanan Anda, caranya? mengganti gula putih dengan bahan alami lainnya. Apa saja bahan alami pengganti gula? Berikut 7 diantaranya.

Jus Buah

Buah secara alami sudah mengandung rasa manis di dalamnya, apalagi kalau dijadikan jus. Nah, sebagai pengganti gula jus buah bisa Anda gunakan pada masakan atau minuman untuk menambah rasa manis. Hanya saja satu hal yang harus Anda pastikan buah yang Anda gunakan adalah buah asli

Gula Kelapa

Selain itu gula kepala juga dapat menjadi bahan alami yang Anda gunakan sebagai pengganti gula. Jangan salah gula kelapa juga bisa memberikan rasa manis apalagi rendah indeks glikemik yang pastinya jauh lebih sehat.

Madu

Madu merupakan asupan yang sudah banyak dikonsumsi dan terbukti menyehatkan, jadi kenapa tidak Anda gunakan sebagai pengganti gula? Tapi ketimbang mengkonsumsi madu yang umum diperjual belikan, jauh lebih baik Anda mengkonsumsi madu mentah yang belum diolah dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya.

Sirup Beras Coklat

Terasa asing dengan bahan ini? Sirup ini merupakan sirup yang terbuat dari beras coklat, memang belum banyak ditemukan di tanah air, tapi di Eropa sirup ini sudah banyak digunakan sebagai pemanis alami pada makanan.

Kurma

Kurma juga bisa Anda jadikan pengganti gula putih selain madu, hanya saja buah kurma memang tidak dapat digunakan pada semua jenis makanan. Kurma bisa Anda gunakan pada makanan yang dipanggang sebagai penambah rasa manis.

Molase

Molase merupakan gula yang sebenarnya juga terbuat dari tebu, hanya saja dari hasil penelitian gula molase jauh lebih sehat dari gula putih biasa karena tidak hanya punya rasa manis molase juga mengandung kalsium dan zat besi.

Stevia

Di Eropa stevia sudah populer digunakan sebagai bahan pengganti gula, stevia merupakan tanaman herbal yang dapat memaniskan makanan. Apalagi stevia lebih rendah kalori dan tidak akan menyebabkan kadar glisemik berlebihan di dalam tubuh.

Ingin konsumsi makanan manis tanpa harus berisiko terjangkit penyakit? 7 bahan di atas adalah jawabannya.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY