Pada dasarnya setiap orang menginginkan tubuh yang ramping. Namun, beberapa dampak yang buruk bagi kesehatan juga bisa terjadi jika tubuh Anda terlalu kurus.

Bagi Anda yang memiliki berat badan yang kurang, jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menaikkan berat badan secara sehat.

Sistem imunitas tubuh yang lemah terdapat pada orang yang terlalu kurus, sehingga mereka rentan untuk terkena infeksi, komplikasi bedah dan waktu pemulihan penyakit yang lebih lama.

Anda dapat menaikkan berat badan Anda untuk mendapatkan berat tubuh yang optimal untuk menghindari kondisi untuk terkena infeksi, komplikasi bedah dan waktu pemulihan , salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan indikator body mass index (indeks massa tubuh / BMI).

Adapun kategori dari BMI adalah jika nilai BMI kurang dari 18 artinya berat badan yang Anda miliki di bawah normal, jika nilai BMI antara 18,5 hingga 24,9 artinya berat badan Anda yang miliki normal, jika BMI 25-29,9 artinya berat badan yang Anda miliki berlebih dan jika BMI lebih dari 30 artinya Anda telah mengalami obesitas.

Adapun beberapa penyebab seseorang memiliki berat tubuh yang kurang adalah :

> Faktor genetic yang mempengaruhi,

> Tingkat metabolisme yang dimiliki cepat

> Lingkungan sekitar dan kepribadian dari orang-orang di sekitarnya

> Beberapa hal yang mempengaruhi tingkat metabolisme atau fungsi kerja dari hormon tertentu.

Ada beberapa cara yang Anda lakukan untuk menaikkan berat badan, jika Anda adalah orang yang memiliki tubuh kurus atau BMI di bawah normal, yaitu:

> Makan makanan yang mengandung vitamin, mineral tinggi dan kalori.

> Sebanyak 60-70 persen karbohidrat, 10-15 persen protein dan sejumlah kecil lemak adalah perbandingan jumlah makanan tepat yang harus Anda konsumsi tiap harinya

> Setengah jam sebelum dan sesudah makan, sebaiknya Anda membatasi untuk mengkonsumsi air atau cairan, karena dengan banyak minum sebelum makan akan membuat perut Anda kenyang sehingga nafsu makan Anda akan berkurang.

> Untuk meningkatkan asupan kalori, konsumsilah jus seperti peach, apel, pisang atau jeruk

> Sumber lemak baik yang berasal dari makanan seperti alpukat, kacang, lemak ikan salmon dan mackarel, serta minyak zaitun sebaiknya banyak Anda konsumsi.

> Beberapa kudapan seperti buah-buahan kering dan yogurt sebaiknya Anda konsumsi di sela-sela waktu makan

> Secara teratur, konsumsilah susu, karena kandungan susu tidak hanya kalori tapi juga beberapa nutrisi penting lainnya seperti vitamin, protein dan mineral, serta mengandung bakteri sehat yang bisa membantu sistem pencernaan.

> Agar tubuh tetap fit dan energik, berolahragalah secara teratur. Otot-otot tubuh yang ramping akan lebih terbentuk dan nafsu makan meningkat ketika tubh Anda lebih fit dan energik.

> Pikiran, juga bisa mempengaruhi pola makan dan proses pencernaan yang terjadi, oleh karena itu, jagalah agar pikiran Anda selalu positif.

> Secara teratur, dapatkan waktu istirahat dan tidur yang cukup, yaitu selama 7-8 jam tiap harinya.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY