tips olahragaJika enggan meninggalkan rumah untuk berolahraga, entah karena tak punya waktu ataupun malas bersosialisasi. Kita tetap bisa memelihara kebugaran dengan cara berolahraga di dalam rumah. Yang penting, enjoy dan rutin melakukannya. Walaupun kadang kita lebih memilih untuk bersantai di rumah tapi tidak ada salahnya beberapa pilihan latihan berikut ini Anda praktikkan di rumah.

Berikut beberapa jenis latihan yang bisa dipilih:

–  Jogging. Tak mesti membeli treadmill supaya Anda bisa jogging di dalam rumah. Kita bisa juga jogging tanpa treadmill di teras ataupun di ruangan lainnya. Yang penting, kenakan sepatu olahraga yang sudah dibersihkan untuk mengoptimalkan gerakan dan menghindari cedera.

–  Skipping. Latihan kardio dengan menggunakan tali (skipping rope) ini akrab dengan semua orang dari berbagai usia, anak-anak hingga dewasa. Buat latihan skipping kita bertambah seru dengan menjajal gaya melompat yang berbeda-beda.

–  Senam lantai. Meski terkesan ‘vintage’, senam lantai dengan gerakan stndar seperti push up, sit up, dan back up, banyak gunanya untuk membentuk tubuh, jangan lupa, lapisi lantai dengan matras untuk menyingkirkan resiko cedera.

–  Aerobik. Jenis olahraga ini bisa dilakukan sendiri dengan mengingat gerakan yang kita dapatkan di kelas aerobik, atau dilakukan dengan mengintip gerakan instruktur lewat DVD. Biar tambah semangat, iringi dengan music favorit kita.

–  Yoga. Ini adalah jenis latihan di rumah yang sedang naik daun. Supaya terhindar dari cedera, sebelum mulai latihan sendiri, lakukan dulu yoga bersama seorang instruktur.

–  Pilates dan Body Languange. Seperti yoga, sebaiknya kita mengawali dengan cara mengikuti panduan instruktur terlebih dahulu. Dengan begitu, kita bisa paham oto mana saja yang perlu mendapat tekanan saat melukan gerakan.

–  Dance. Ini jenis olahraga yang paling menyenangkan dilakukan, baik kita jago nge-dance maupun tidak. Mumpung sendirian di rumah, sekalian saja jajal gerakan-gerakan dance ‘spektakuler’ semacam pole dancing atau tari flamenco.

PERLENGKAPAN APA SAJA YANG DIBUTUHKAN

Supaya latihan kita lekas menunjukkan hasil, tak ada salahnya mulai melengkapi rumah kita dengan sejumlah perlengkapan seperti:

–  Matras. Pelapis lantai ini amat berguna ketika kita melakukan latihan yoga, pilates, ataupun senam lantai. Jika belum menemukan matras baik, kita bisa menggantinya sementara dengan selimut atau bedcover.

Dumbbell. Ini adalah peralatan wajib punya untuk membentuk otot lengan. Bila belum ada, kita bisa menggunakan botol air mineral yang berisi pasir hingga seberat 1 kg.

–  Skipping rope. Bukan hanya berguna untuk lompat tali, skipping rope juga punya kegunaan lain sebagai penahan ketika melakukan stretching tertentu.

Luangkan waktu kita minimal satu jam sehari untuk berolahraga, sebanyak 3 atau 4 kali dalam seminggu. Lakukan secara teratur agar tubuh kita tetap sehat dan bugar, tak lupa mengonsumsi makanan yang sehat dan minum air putih.

* * * * *
Buku Formula Cinta

1 COMMENT

LEAVE A REPLY