Mitos yang Salah Tentang Yoga oleh SegiEmpatAda berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari melakukan yoga, seperti mengatasi sakit kepala, menurunkan kecemasan, mengurangi stress dan bahkan bisa membuat seseorang menjadi lebih pintar.

Namun ternyata ada beberapa mitos yang tidak benar, yang berkembang tentang yoga di masyarakat. Seperti yang dilansir oleh Huffington Post, berikut adalah beberapa mitos yang salah tentang yoga :

  • Anda harus punya sisi spiritual

Mungkin Anda tidak suka melakukan yoga karena berhubungan dengan hal spiritual. Ternyata Anda tidak sendiri, tidak sedikit orang yang juga tidak suka dengan hal tersebut. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ada tempat yoga yang memusat latihannya tidak pada sisi spiritualisme tetapi lebih kepada gerakan.

Pada dasarnya, yoga berasal dari spiritualisme, jadi jangan heran jika yoga berhubungan dengan hal ini. Namun, tidak sedikit kelas yoga yang berfokus pada gerakan yang bermanfaat pada kebugaran tubuh dan tidak menawarkan sisi spiritualisme. Oleh karena itu, Anda bisa menyesuaikan kelas yoga dengan kebutuhan Anda.

  • Anda harus punya tubuh yang lentur

Mungkin selama ini Anda menganggap bahwa untuk melakukan yoga, Anda harus memiliki tubuh yang lentur. Padahal salah satu alasan yang baik untuk melakukan yoga adalah untuk mendapatkan tubuh yang lentur kata Vyda Bielkus, seorang instruktur yoga dari Boston’s Health Yoga Life. Tubuh Anda akan lentur dengan sendirinya jika Anda mempelajari yoga. Bahkan Anda bisa menyentuh jari kaki tanpa kesulitan dalam waktu sebentar saja. Bielkus menyarankan untuk mengikuti sesi dan kelas kecil agar Anda mendapatkan perhatian maksimal dari instruktur.

Dr Judith Lasater kemudian memberi penjelasan agar Anda tidak perlu mengkhawatirkan tubuh yang tidak lentur saat melakukan yoga. Di dalam yoga, Anda akan diajarkan untuk mengetahui apa yang bisa dilakukan oleh tubuh Anda. Saat Anda melakukan yoga, kelenturan tubuh Anda akan berubah dan meningkat.

  • Yoga tidak dapat dikategorikan sebagai olahraga

Sebagian orang merasa bahwa yoga tidak melakukan gerakan aktif sehingga tidak dapat dikategorikan sebagai olahraga. Namun ternyata, Anda juga bisa berkeringat dengan melakukan yoga. Yoga akan menggerakkan semua sistem kardiovaskular dan sistem saraf Anda, jadi yoga termasuk olahraga.

Selain itu, ada juga jenis yoga yang dapat meningkatkan detak jantung Anda seketika, yaitu Vinyasa, yang termasuk yoga yang bersifat atletik. Bahkan, Anda juga bisa berkeringat dengan cepat dengan melakukan Kundalini, yaitu jenis yoga yang berkaitan dengan teknik pernapasan.

  • Untuk Melakukan Yoga, Anda Harus Menguras Kantong

Mungkin Anda enggan untuk merogoh kantong cukup dalam saat ingin mengikuti yoga. Sebagai solusinya, Anda bisa membuat suatu kelompok untuk mengikuti kelas yoga ataupun mencari paket bulanan. Peralatan untuk yoga lebih murah daripada peralatan olahraga lain di pusat kebugaran.

Nah, ketika Anda sudah tahu dan mahir, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya. Dan jangan mencoba melakukannya jika Anda belum tahu dan mahir akan gerakannya. Karena Anda bisa mengalami salah urat.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY