Tidak dapat dipungkiri bahwa tidak banyak waktu yang dimiliki oleh wanita karir untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh mereka. Seringkali wanita karir tidak memiliki waktu dan kesempatan untuk melakukan latihan karena kesibukan yang padat.

Sebuah perubahan kecil dalam hidup Anda dapat membuat Anda tetap bugar dan sehat walau Anda berada di tengah kesibukan adalah sebuah solusi sederhana yang dapat Anda lakukan.

Yang harus Anda lakukan hanyalah menyediakan waktu Anda selama 10 menit. 10 menit adalah waktu yang singkat, namun, Anda dapat tetap sehat dan bugar jika Anda memanfaatkan 10 menit tersebut dengan baik. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar lebih sehat dan bugar dalam 10 menit, yaitu :

1. Latihan beban selama 10 menit

 

Agar metabolism tubuh meningkat dan memperlambat penuaan, latihan beban sangat penting untuk kebugaran tubuh. Anda dapat menggunakan bodyweight training atau menggunakan dumbbell di rumah Anda cukup 10 menit dalam sehari. Setidaknya Anda dapat melakukan latihan ini tiga kali dalam seminggu.

2. Latihan kardio selama 10 menit

Ketika kesibukan benar-benar menyita waktu Anda, latihan kardio selama 10 menit setiap harinya dapat mengembalikan kebugaran tubuh Anda. Hal yang mudah dilakukan adalah dengan latihan ringan seperti bersepeda atau berjalan kaki. Di beberapa kota besar, bahwa sedang gencar dikampanyekan “Bike To Work”.

Sisihkan waktu Anda selama 10 menit untuk melakukan peregangan ketika tiba di tempat kerja. Anda juga dapat berjalan di sekitar kantor atau cobalah untuk menyusuri tangga dan mengurangi pemakaian lift jika kantor Anda bertingkat. Agar Anda terhindar dari dehidrasi, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup.

3. Menyiapkan makanan rendah lemak selama 10 Menit

 

Kalori dan lemak yang tinggi biasanya banyak terdapat dalam makanan instan atau makanan siap saji dalam kemasan. Untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda, akan lebih baik jika Anda bisa memasak resep sehat. Banyak resep sehat yang sederhana yang membutuhkan waktu singkat untuk mempersiapkan dan memasaknya.

4. Motivasi selama 10 Menit

Karena kekurangan motivasi, banyak orang meninggalkan olahraga dan gaya hidup sehat. Anda dapat mencoba untuk mendengarkan atau membaca kisah sukses dari orang-orang yang Anda kagumi atau bahkan dari orang terdekat. Persepsi tentang dunia akan terbentuk olah pola pikir Anda, jadi agar Anda lebih bersemangat dapatkanlah motivasi yang tepat.

5. Meditasi selama 10 Menit

Tekanan darah Anda dapat diturunkan dengan latihan pernapasan selama 10 menit setiap harinya. Untuk membantu menurunkan stress, Anda dapat melakukan teknik relaksasi seperti relaksasi otot, olah pernapasan, yoga dan meditasi.

Untuk menjaga kebugaran tubuh Anda, mulai sekarang sisihkanlah 10 menit dari 24 jam setiap harinya.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY