Kesalahan Kesalahan Wanita Saat Melakukan Latihan oleh SegiEmpatSetiap tahunnya, jumlah perempuan yang mulai mengikuti latihan kekuatan atau latihan beban di pusat kebugaran semakin meningkat. Namun faktanya, ada 63 persen wanita yang kerap mengalami cedera, baik cedera ringan maupun sedang pada saat sedang mengalami latihan. Hal tersebut terjadi karena adanya beberapa kesalahan yang dilakukan mungkin dilakukan pada saat sedang melakukan latihan.

Apa saja kesalahan yang dilakukan seorang wanita pada saat sedang melakukan latihan beban?Berikut ulasannya :

Kesalahan Pertama : Tidak Melakukan Pemanasan

Pemanasan memang kelihatannya mudah dan sepele. Tetapi terkadang, Anda langsung melakukan sprint pada saat sudah berada di treadmill. Padahal langsung melakukan sprint saat berada di atas treadmill tanpa melakukan pemanasan bisa mengakibatkan otot kaku dan cedera. Morey Kolber, PhD, profesor bidang terapi fisik dari Nova Southeastern University di Florida, mengungkapkan bahwa Anda harus melakukan pemanasan sebelum beralih ke latihan utama agar Anda dapat memberi jarak bagi otot-otot untuk gerakan berikutnya dan untuk menjaga sirkulasi tubuh.

Kesalahan Kedua : Melakukan Gerakan yang Tidak Sesuai

Terkadang seorang wanita suka untuk melakukan gerakan yang tidak tepat pada saat melakukan sebuah latihan sehingga sangat beresiko untuk mendapatkan cedera. Agar Anda tidak mendapatkan cedera, Anda harus memperhatikan posisi atau gerakan yang harus Anda lakukan. Anda tidak boleh melakukan gerakan tersebut dengan asal-asalan.

Dalam sebuah studi ditemukan bahwa seorang wanita dua kali lebih beresiko untuk mengalami cedera pada kakinya jika dibandingkan dengan laki-laki. Selain itu hal lain yang menyebabkan seorang wanita lebih beresiko untuk cedera daripada laki-laki adalah pinggul dan bokong yang lebih lebar.

Kesalahan Ketiga : Bahu yang Menerima Kelebihan Beban

Dibandingkan dengan wanita yang sama sekali tidak melakukan latihan beban, seorang wanita yang melakukan latihan beban cenderung memiliki beban yang labil. Apalagi jika sebagian besar latihan yang dilakukan menarik siku ke belakang atau ke atas sehingga dapat meregangkan jaringan ikat di depan sendi-sendi secara berlebihan. Kolber menjelaskan ketidakseimbangan pada sendi akan semakin terjadi jika bagian belakang pundak Anda yang sudah kaku, lebih Anda renggangkan lagi ke bagian depan.

Kesalahan Keempat : Tidak Melakukan Latihan Otot yang Seimbang

Seringkali seorang wanita hanya melatih paha depan sedangkan paha belakang tidak atau mengencangkan otot pinggul tapi tidak dengan otot bokong atau dengan kata lain hanya melatih sebagian otot. Jika hal ini terjadi, maka otot Anda akan rentan untuk mengalami cidera karena kekuatan otot menjadi tidak seimbang.

Kesalahan Kelima : Latihan yang terlalu berat dan terlalu cepat

Anda mungkin berfikir bahwa dengan lebih banyak bergerak pada saat berolahraga, maka Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik. Nyatanya, hal tersebut tidak benar. Anda bisa mengalami kelebihan beban jika terjadi gerakan yang berlebihan. Joan Pagano, pengarang buku Training for Women,mengatakan bahwa otot membutuhkan waktu untuk beradaptasi, oleh karena itu Anda harus melakukan gerakan latihan yang tepat untuk mengurangi resiko cedera, baik untuk tendon maupun ligamen.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY