8-Kebiasaan-Untuk-Membentuk-Perut-Six-Pack-oleh-SegiEmpatPerut six pack adalah hal yang setiap pria idam-idamkan. Karena dengan memiliki perut six pack, seorang pria akan terlihat lebih seksi dan mempesona. Six pack adalah bentuk otot yang menyerupai susunan enam pak kotak pada bagian perut. Setiap orang sebenarnya sudah memiliki perut six pack, hanya saja tersembunyi oleh banyaknya lemak yang bersemayam di perut.

Untuk membentuk perut six pack dibutuhkan waktu, tenaga, dan yang terpenting adalah dedikasi dan motivasi. Anda harus tetap fokus pada tujuan Anda untuk membentuk perut six pack. Jika Anda menyimpang dari rencana yang telah diatur bahkan beberapa kali seminggu (seperti kebanyakan orang), maka Anda mungkin tidak bisa memiliki perut six pack.

Solusi:
Ada enam kebiasaan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda menyingkirkan lemak ekstra itu selamanya. Anda harus mempertimbangkan target harian yang telah direncanakan, agar tidak mudah beralih dari tujuan yang sebenarnya.

Para peneliti di University of Iowa (AS) menyimpulkan bahwa akan lebih mudah memperoleh perut six pack jika Anda berfokus pada tindakan spesifik daripada berpikir tentang hasil keseluruhan yang akan Anda dapatkan. Oleh karena itu, cukup ikuti daftar harian strategi tentang nutrisi, olahraga dan gaya hidup secara rutin, dan tanpa Anda sadari, ketika bercermin Anda akan disambut oleh perut six pack Anda.

1. Bangun dan minum air

Bayangkan apa yang akan terjadi jika Anda tidak meminum apa pun selama sehari penuh: tidak ada kopi, tidak ada air ataupun soda, mungkin Anda akan menjadi lebih kering daripada kaktus. Mulai hari ini, minumlah setidaknya setengah liter air hanya dari tempat tidur. Ilmuwan Jerman baru-baru ini menemukan bahwa praktik ini meningkatkan metabolisme sebesar 24% pada 90 menit berikutnya, dan terlebih lagi sebuah studi sebelumnya menemukan bahwa sel-sel otot tumbuh lebih cepat jika mereka terhidrasi dengan baik.

Aturan umum: minum sedikitnya 3,5 liter air sepanjang hari. Dengan cara ini akan merangsang sistem limfatik, sehingga mempromosikan aliran cairan untuk menjaga mereka dengan aman di perut.

2. Sarapan setiap hari

Sebuah studi oleh University of Massachusetts (AS) mengatakan bahwa pria yang sarapan setiap hari memiliki kemungkinan yg lebih besar untuk membentuk perut six pack dibandingkan orang yang melewatkan sarapan. Jadi, cobalah untuk sarapan dengan benar dari tempat tidur. Akan tetapi sarapan Anda tidak boleh melebihi 500 kalori

3. Setelah sarapan, tinjaulah kembali tujuan Anda

Jangan melupakan tujuan utama Anda. Para ilmuwan di University of Iowa (AS) menyatakan bahwa orang yang sering mengunjungi tempat kebugaran lebih cenderung mencapai tujuan mereka daripada yang tidak mengunjungi tempat kebugaran.

4. Siapkan bekal makanan di tempat kerja

Siapkan bekal makanan Anda untuk bekerja. Isi dari bekal tersebut harus berupa makanan yang dapat membawa Anda memperoleh tujuan Anda yang sebenarnya, seperti:
– Apel (untuk makan tengah hari).
– Protein shake dan kacang-kacangan (untuk menemani apel)
– Satu porsi makanan dengan 500-600 kalori untuk makan siang, dan yang terpenting adalah Anda harus selalu menyertakan beberapa protein dan sayuran di dalamnya

5. Pola latihan yang benar

Anda harus melakukan pola latihan yang benar untuk dapat mengusir lemak yang menutupi perut six pack Anda. Habiskan waktu Anda di gym untuk membakar lemak Anda. Menurut sebuah studi oleh University of Southern Maine (AS), setengah jam bobot membakar kalori sama seperti berjalan pada waktu yang sama pada tingkat tinggi (dan mendapatkan manfaat tambahan untuk mendapatkan otot). Selain itu, berbeda dengan latihan aerobik, telah terbukti bekerja dengan bobot dapat meningkatkan metabolisme sampai 39 jam setelah pengulangan terakhir. Untuk hasil terbaik, lakukan rutinitas tubuh penuh tiga kali seminggu.

6. Tidurlah lebih awal

Untuk membentuk perut six pack, Anda harus tidur lebih awal. Alasannya adalah bahwa kurang tidur dapat mempengaruhi hormon yang mengatur pembakaran lemak. Para ilmuwan di University of Chicago (AS) baru-baru ini menemukan bahwa kurang tidur selama tiga malam dapat mengubah sel-sel otot dan membuatnya tahan terhadap insulin. Seiring waktu, situasi ini membuat lemak Anda menumpuk di sekitar pinggang.

7. Biasakan untuk Membakar Lemak Sebanyak Mungkin

Menurut Alwyn Cosgrove yang merupakan seorang trainer sekaligus pemilik salah satu tempat kebugaran kenamaan di California, untuk memunculkan otot di bagian perut hal paling mendasar tentu menghilangkan lemak yang menutupinya.

“Bila tujuan kita memunculkan otot perut, yang harus kita lakukan adalah menghilangkan lemak di atasnya” jelasnya.

Karena itu untuk membentuk perut six pack Anda pun tidak hanya cukup dengan membiasakan pola makan sehat tapi Anda harus berusaha untuk membakar lemak sebanyak mungkin. Menurut Alwyn, gabungan antara burpees, push up, jumping jack akan membuat tubuh kita membakar lebih banyak lemak sekaligus melatih otot-otot.

8. Biasakan untuk Melatih Lebih Banyak Otot

Membentuk perut six pack itu bukan perkara yang mudah, apalagi menurut sejumlah pakar kebugaran tubuh lemak di bagian perut memang merupakan salah satu bagian yang butuh usaha lebih ekstra untuk membakarnya. Karena itu disarankan agar dalam membakar lemak Anda juga sebaiknya mulai membiasakan melatih lebih banyak otot.

Latihan seperti squat, akan membakar lebih banyak kalori dibanding latihan yang menggunakan sedikit otot seperti crunches. Tapi untuk melatih lebih banyak otot agar dapat membakar lebih banyak lemak, squat, sit-up dan crunches memang harus dipadukan. Selain itu lakukan latihan beban dengan beban lepas, ini akan memaksa tubuh untuk menyeimbangkan diri sehingga lebih banyak otot utama terlibat. Jadinya lemak yang dibakar pun lebih banyak.

Jadi ingat ya jangan Cuma crunches atau situp saja seperti yang banyak disebutkan. Karena sit-up dan crunches itu sebenarnya Cuma membakar sedikit lemak. Anda juga sebaiknya ikut melatih otot tubuh lainnya. Memang benar untuk mendapatkan perut six pack itu tujuan utamanya adalah di bagian perut. Tapi Anda juga harus melatih otot-otot tubuh bagian lainnya karena sebenarnya untuk mendapat perut six pack jauh lebih mudah dilakukan dengan melatih otot-otot tubuh secara keseluruhan ketimbang hanya fokus pada otot perut.

* * * * *
Buku Formula Cinta

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY