Masalah berat badan sekarang sudah jadi masalah yang cukup serius, pasalnya kita semua tahu kalau obesitas itu berisiko tinggi memicu berbagai penyakit. Untungnya sekarang pun kita sudah semakin sadar akan pentingnya untuk menjaga berat badan dengan memperhatikan makanan yang kita konsumsi dan rutin berolahraga.

Hanya saja, tidak semua orang bisa menjaga berat badannya bahkan tak jarang ada yang sudah berusaha menjaga makanan dan rutin berolahraga tapi malah berat badannya makin naik. Ada yang pernah mengalaminya gak?

Salah satu dari Anda pembaca setia SegiEmpat.com mungkin ada yang mengalaminya, jika ya saya sarankan agar Anda bisa memperhatikan lagi pola makan Anda. Pasalnya jika Anda sudah berusaha menjaga berat badan tapi nyatanya angka di timbangan malah bertambah, kemungkinan ada yang salah dari pola makan Anda. Entah itu menu makanan yang Anda konsumsi atau waktu makan Anda.

Waktu-Makan-yang-Tanpa-Sadar-Bikin-Berat-Badan-Makin-Naik-oleh-SegiEmpatNah, menurut penelitian terbaru yang dilansir dari salah satu media kesehatan internasional. Para peneliti menemukan kalau selain menu makanan yang tidak tepat, waktu makan juga punya pengaruh langsung terhadap berat badan Anda.

Para pakar menjelaskan jika, sebenarnya ada waktu-waktu khusus dimana Anda sebaiknya tidak makan. Kalau pun Anda memang merasa lapar sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan ringan seperti camilan atau biskuit. Tapi jangan makan camilannya kayak makan berat ya, apalagi sampai dicampur nasi dan lauk-pauk, itu mah sama aja. Lantas kapan sih waktu makan yang tanpa sadar bikin berat badan makin naik?

Menurut pakar, setidaknya ada dua waktu dimana Anda sebaiknya tidak makan, apalagi makan berat yaitu malam hari dan sebelum tidur. Dari hasil penelitian, ditemukan fakta kalau mereka yang sering makan malam hari ataupun makan sebelum tidur cenderung memiliki massa tubuh dan presentase lemak yang lebih tinggi dibanding mereka yang tidak melakukannya. Selain itu para pakar juga menemukan fakta kalau mengkonsumsi makanan sebelum tidur dapat merusak kerja hormon melatonin, yang mana hormon ini sangat berkaitan dengan jam biologis setiap orang yang tidak hanya berpengaruh terhadap kualitas tubuh tapi juga sistem tubuh secara keseluruhan. Salah satu akibatnya adalah membuat berat badan makin naik karena metabolisme tubuh yang tidak maksimal.

“Hormon melatonin terkait akan jam biologis seseorang. Saat hormon ini terganggu, maka sistem alami tubuh manusia juga terganggu. Salah satu akibatnya adalah penambahan berat badan akibat kerja sistem metabolisme yang tidak maksimal” jelas pakar.

Karena itu Anda yang punya kebiasaan makan di malam hari atau makan sebelum tidur sebaiknya Anda mulai belajar untuk menguranginya. Seperti yang sudah Anda tahu, kebiasaan ini dapat merusak metabolisme tubuh, alih-alih menurunkan berat badan yang kejadian malah tambah naik. Biasanya sih yang susah itu kalau baru permulaan, Anda mungkin merasa sangat lapar. Nah, kalau Anda mengalaminya usahakan agar Anda tidak makan berat, makan buaah, biskuit atau yogurt sebagai pengganjal perut.

LEAVE A REPLY