jangan mengkonsumsi terlalu banyak makanan manis saat berbuka oleh Kesehatan SegiEmpatBulan Ramadhan sudah hampir berakhir dan sebentar lagi kita menyambut hari kemenangan, yaitu Idul Fitri. Namun masih ada saja kebiasaan buruk yang sering kita lakukan saat buka puasa, yaitu mengkonsumsi terlalu banyak makanan manis. Meskipun kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan manis saat berbuka untuk mengembalikan kadar gula darah yang hilang saat berpuasa. Namun akan lebih baik jika hal itu tidak dilakukan secara berlebihan. Mengapa? Berikut alasannya.

Saat sedang berpuasa, konsumsi makanan kita terbatas sehingga kadar gula di dalam darah menurun atau tuubh mengalami hypoglikemia. Hal inilah yang kemudian membuat tubuh merasa lemas atau bahkan terkadang ada orang yang merasa pusing saat berpuasa. Untuk mencegah terjadinya hypoglikemia terlalu lama atau mengembalikan kadar gula darah dengan cepat, maka kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang manis, misalnya semangkuk es buah yang diberi gula tambahan secukupnya atau semangkuk kolak pisang. Dengan begini, maka energi dalam tubuh bisa kembali dengan cepat dan kita bisa kembali beraktivitas dan melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan lainnya.

Yang menjadi masalah adalah ketika kita mengkonsumsi terlalu banyak makanan manis saat buka puasa. Banyak orang yang kalap makan saat berbuka dengan alasan lapar karena seharian tidak makan. Hal inilah yang membuat mereka makan terlalu banyak saat berbuka, termasuk mengkonsumsi makanan manis. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis saat berbuka akan menyebabkan tingginya kadar gula dalam darah. Hal ini kemudian menyebabkan terjadinya lonjakan hormon insulin.

Lonjakan hormon insulin inilah yang kemudian meningkatkan resiko terjadinya resistensi insulin atau bahkan diabetes tipe 2. Resiko ini akan semakin meningkat bagi orang-orang yang memang memiliki kadar gula darah yang tinggi. Tentu Anda tidak mau terkena penyakit berbahaya nan mematikan ini kan? Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak melakukan sesuatu secara berlebihan, termasuk mengkonsumsi makanan yang manis saat berbuka. Ingatlah, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Selain itu, Anda juga harus ingat bahwa puasa mengajarkan kita untuk menahan diri dari hawa nafsu, termasuk dalam makan. Oleh karena itu, lakukanlah segala sesuatu dengan secukupnya.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY