Hampir semua orang sebenarnya sudah tahu bagaimana pentingnya untuk melakukan dan menjaga pola makan sehat agar semua nutrisi dapat diserap dengan baik oleh tubuh, dengan begitu kesehatan tubuh pun jadi terjaga.

Namun jika ditanya seperti apa sih pola makan sehat itu mungkin sebagian besar orang hanya mengatakan kalau “pola makan sehat itu adalah makan-makanan yang sehat dan bergizi”. Memang benar kalau pola makan sehat itu berarti kita mengkonsumsi makanan yang benar-benar sehat dan bergizi, tapi tidak hanya itu saja. Pola makan sehat itu berarti kita juga perlu makan teratur dan memperhatikan gaya makan kita.

Nah, saya yakin kalau sekarang ini tak banyak yang menyadari hal itu. Bahkan kalau mau diperhatikan makan yang terburu-buru adalah salah satu gaya hidup sebagian orang.

Selain pemilihan menu makanan pola makan yang salah seperti makan tidak teratur dan makan terlalu cepat itu bisa menimbulkan masalah pada tubuh. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh banyak pakar kesehatan menyebut kalau terlalu cepat makan bisa sebabkan obesitas dan penyakit jantung.

Menurut penelitian seperti yang dilansir dari boldsky, makan dengan waktu yang terlalu cepat dapat memicu peningkatan fluktuasi glukosa dalam tubuh. Yang mana peningkatan tersebut memicu resistensi insulin, dalam kesehatan resistensi insulin ini sangat berkaitan dengan penambahan berat badan, obesitas bahkan sampai penyakit jantung.

“Makan dengan durasi yang terlalu cepat bisa meningkatkan fluktuasi glukosa dalam tubuh sehingga menyebabkan resistensi insulin. Resistensi insulin sendiri terkait erat dengan penambahan berat badan, penyakit jantung, dan bahkan obesitas” jelas pakar dalam penelitian ini.

Memang benar ada kalanya karena pengaruh kesibukan atau karena udah gak keburu waktu tapi harus makan kita jadinya terpaksa untuk makan dengan kecepatan tinggi. Namun usahakan agar hal tersebut tidak harus menjadi kebiasaan, karena para pakar menjelaskan biasanya karena sudah keseringan makan terlalu cepat justru jadi kebiasaan. Kalau kebiasaan itu bagus tentu tidak masalah tapi kalau kebiasaan tersebut malah bikin bahaya mending tidak usah dilakuin kan?

Makan adalah salah satu aktivitas vital yang berdampak sangat besar terhadap tubuh. Jika kita memenuhi diri dengan makanan sehat maka tubuh pun bisa mendapat nutrisi yang dibutuhkan. Tapi kalau kita malah mengkonsumsi makanan tak sehat mulai dari makanan berlemak, berminyak, zat pengawet sampai gaya makan yang salah maka perlahan tapi pasti itu semua itu akan merusak kesehatan.

Nah, untuk Anda yang terbiasa makan terlalu cepat bahkan mengunyah makanan hanya tiga kali langsung telan harus sadar kalau kebiasaan seperti itu tidak Cuma menyebabkan obesitas tapi berisiko tinggi memicu penyakit jantung. Agar Anda dapat terhindar dari risiko seperti itu, disarankan agar Anda bisa menikmati makanan atau minuman Anda yaitu dengan mengkonsumsinya dengan perlahan dan sadar. Sadar dalam artian Anda juga bisa mengukur banyaknya makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut. Bukannya kayak orang kesetanan.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY