Nyamannya nonton TV seharian itu emang bisa jadi pengobat rasa lelah tersendiri ditengah berbagai kesibukan. Jadi wajar rasanya kalau banyak orang yang rela mager seharian di rumah sambil nonton TV, apalagi kalau udah ngomongin serial TV favorit sekelas drakor. Cuma kalau weekend besok nih Anda rencananya pengen ngehatam drakor seharian penuh sebaiknya Anda berpikir lagi, pasalnya dari hasil penelitian ternyata kebiasaan seperti itu berisiko tinggi terhadap penyakit fatal.

Ya meski nonton TV bisa jadi hiburan tersendiri, sebaiknya Anda mulai berusaha untuk mengurangi kebiasaan seperti itu pasalnya nonton TV dengan durasi waktu yang berlebihan bisa merugikan diri Anda sendiri. Alih-alih sebagai hiburan malah merugikan, Anda tentu tidak ingin membahayakan kesehatan sendiri bukan?

Dari hasil penelitian terbaru yang dirilis oleh boldsky, yang melibatkan 15 ribu orang dari usia menengah ditemukan fakta bahwa sering nonton TV terlalu lama berisiko tinggi menyebabkan pembentukan venous thromboembolism, yang mana merupakan kondisi pembuluh darah vena yang berpengaruh pada tangan, kaki, panggul  yang menjadi penyebab pembekuan darah pada daerah tersebut. Bahkan dalan penelitian Atherosclerosis Risk in Communities Study tersebut ditemukan fakta dimana mereka yang sering nonton TV terlalu lama berisiko tinggi mengalami pembekuan darah di organ paru-parunya.

Menurut Mary Cushman, salah satu pakar yang ikut dalam penelitian yang berasal dari University of Vermont mengatakan jika sebenarnya nonton TV tidak buruk tapi yang membuatnya jadi buruk itu jika jadi kebiasaan nonton TV terlalu lama. Apalagi jika dilakukan sambil ngemil.

Lebih lanjut Mary juga mengatakan kalau dari kebiasaan banyak orang, nonton TV itu tidak dilakukan hanya sekedar nonton saja melainkan dibarengi dengan ngemil dan dilakukan dalam jangka waktu lama. Hasilnya selama menonton kita pun tidak melakukan gerakan tubuh jadinya hal tersebut dapat menghambat aliran darah, yang mana jika dilakukan terlalu sering bisa mengakibatkan pembekuan darah.

“Pembekuan darah bisa terjadi karena kurangnya aktivitas fisik yang terjadi karena lama dan seringnya nonton TV” tambah Mary.

Nah, Anda pun pasti bertanya-tanya, seperti apa sih efeknya? Well, pembekuan darah itu mungkin terdengar sepele tapi di dunia kesehatan, pembekuan darah itu adalah salah satu gangguan kesehatan yang bisa berakibat fatal salah satunya adalah kematian. Ya kematian bisa terjadi jika terjadi pembekuan darah, pasalnya suplai darah dan oksigen yang diperlukan tubuh jadi terputus. Kira-kira aja deh kalau aliran darah dan oksigen sudah terputus apakah tubuh masih dapat bekerja seperti seharusnya? Enggak kan?

Karena itu Mary menyarankan agar Anda bisa terhindar dari risiko penyakit VTE, sebaiknya mulai sekarang kurangi durasi nonton TV serta perbanyak aktivitas fisik yang bermanfaat untuk kesehatan. Jangan Cuma putus cinta aja malah jadi bencana haha.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY