Diakui atau tidak salah satu hal sering dilakukan banyak orang adalah kebiasaan menaruh baju kotor di atas kasurnya. Entah itu karena kecapean atau karena alasan paling klasik yaitu “malas jalan ke tempat cuci baju” apalagi kalau sudah kepalang pewe alias posisi uwenak. Ada yang kayak gitu kan?

Tapi yang paling sering menarih baju kotor di kasur itu sebenarnya anak kost. Bahkan mau jujur atau tidak sampe ada yang bajunya di kasur tapi dianya malah tidur di lantai haha. Alasan paling sering sih emang sengaja dibiarin supaya kalau nyuci bisa dicuci skalian, iya kan?

Sering-Menaruh-Baju-Kotor-di-Kasur-oleh-SegiEmpatWell perlu Anda tahu kebiasaan seperti ini faktanya bukan kebiasaan baik. Tidak hanya Anda bisa dibilang malas dan gak rapih, tapi menaruh baju kotor di kasur itu bisa mengundang kutu. Perlu Anda tahu, tungau, bakteri dan kutu itu faktanya menjadikan tempat tidur sebagai “tempat andalan” tidak hanya hangout bareng tapi juga untuk berkembang biak. Nah, kalau Anda malah menaruh baju kotor di atas kasur ibaratnya itu Anda sendiri yang sengaja memanggil kutu, tungau dan bakteri untuk naik ke atas kasur yang Anda tiduri. Akibatnya pun bisa beragam bagi Anda sendiri.

Menurut hasil penelitian yang dilansir dari laman boldsky, baju kotor yang lembab karena keringat sangat disuka oleh kutu. Pasalnya keringat manusia bagi kuu itu adalah aroma yang memang sangat disukai, bahkan sebenarnya kutu pun suka bersembunyi sampai bersarang di baju kotor. Akibatnya, saat kutu bersembunyi bahkan sampai berkembang biak di kasur, kutu akan mengeluarkan karbon dioksida. Alhasil tidak hanya gatal-gatal dan tidak nyaman Anda pun dapat mengalami gangguan pernapasan.

“Keringat yang lembab membuat kutu betah untuk hinggap. Keringat manusia adalah aroma yang disukai kutu dan mereka akan bersembunyi di dalamnya. Saat berdiam di dalam kasur, mereka akan mengeluarkan karbon dioksida yang kemudian bisa mempengaruhi kesehatan pernapasanmu” jelas pakar penelitian ini.

Ya kutu bisa memicu gangguan kesehatan apalagi sebenarnya sama seperti hewan pada umumnya, saat kutu merasa terancam mereka bisa menyerang. Hal inilah yang membuat Anda tidak nyaman. Untuk mencegahnya, langkah utama tentu dengan menghentikan kebiasaan menaruh baju kotor di kasur Anda. Selain itu agar Anda dapat terhindar dari serangan tungau kasur dan kutu, Anda pun harus rutin membersihkan kasur dan rutin mengganti seprei yang Anda gunakan. Bahkan kalau perlu Anda juga disarankan dapat menjemur kasur secara rutin di bawah sinar matahari langsung. Ini agar bisa membasmi kutu dan tugau kasur yang sudah kepalang ada di kasur Anda.

Tidak salah jika Anda punya kebiasaan tertentu, tapi kalau kebiasaan itu malah bikin Anda merugi mending dihilangkan setuju kan?

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY