Dikala salah satu bagian tubuh terasa gatal, otak secara alami bakal bakal memerintahkan kita untuk menggaruknya. Ya itu adalah hal alami yang bakal dilakukan semua orang, tapi bagaimana jadinya jika bagian tubuh yang terasa gatal itu adalah bokong?

Normalnya pasti bakalan kita garuk ya apalagi kalau rasanya itu memang sangat tidak nyaman. Cuma yang kadang suka bikin dilema itu kalau lagi di depan banyak orang. Pengen digaruk tapi kayak ada rasa-rasa malu gimana gitu, iya kan? Biasanya sih bakal ada pura-pura pengen duduk terus di gesekin di kursi atau mungkin Anda termasuk salah satu yang suka hilang urat malu kalau gatalnya tak lagi tertahankan.

Apapun itu, sebenarnya rasa gatal di bokong bukan tanpa alasan. Nah biar gak kayak kebo garuk-garuk di pohon nih 4 penyebab bokong selalu ingin di garuk.

Bagian Selangkangan (Bukan Otak Selangkangan) yang Terlalu Lembab

Bagian kulit sebenarnya memang membutuhkan kelembaban, Cuma kalau kelewat lembab kulit pun bisa terasa gatal. Apalagi bagian “segitiga” itu yang memang notabene jarang melihat kehidupan haha.

Kelembaban di bagian selangkangan khususnya bokong bisa memicu rasa gatal. Ini biasanya karena keringat akibat panas. Untuk mencegahnya pastikan Anda mengganti celana dalam Anda dengan yang baru, bukannya malah pake istilah “side A side B” haha.

Makan Makanan yang Pedas

Ahli gastroenterology di General Hospital, Massachusetts bernama Kyle Staller menyebut kalau makanan yang Anda konsumsi juga berpengaruh terhadap rasa gatal di bokong. Salah satunya makanan pedas.

Kyle mengatakan kalau kadar asam yang terkandung di makanan pedas bisa membuat kulit bagian bokong terganggu dan memicu rasa gatal.

Penggunaan Tisu Toilet yang Salah

Adanya tisu basah yang sebenarnya dibuat untuk memudahkan para Ibu dalam merawat bayinya, tak jarang ikut dimanfaatkan oleh orang dewasa. Mengaku saja, banyak diantara Anda yang lebih suka pake tisu basah buat menyeka selangkangan kan?

Memang memudahkan sih apalagi bisa menutupi aromanya yang lemabab itu. Tapi kata Garu Goldenberg yang merupakan asisten profesor klinis dermatologi di Icahn School of Medicine, New York mengatakan kalau penggunaan tisu basah sebenarnya tak disarankan. Karena wewangiannya justru bisa memicu iritasi yang mengakibatkan gatal. Sebagai gantinya lebih baik Anda beralih ke tisu biasa yang tanpa pewangi dan pastikan sebelum “menutupnya” bagian selangkangan sudah kering.

Menggosok Bokong terlalu Keras

Menggosok atau menyeka alias “nyebok” juga termasuk salah satu penyebab bokong gatal. Karena itu menurun Sarina Elmariah pakar dermatology di General Hospital, sebaiknya Anda lebih dulu menggunakan air untuk membilasnya sebelum menyeka. Dan jika bokong terasa gatal sebaiknya perhatikan penggunaan tisu toilet Anda. Gunakan tisu yang lebih lembut dan tanpa pewangi, tisu toilet yang kasar bisa menyimpan potongan mikro yang memicu gatal dan iritasi. Dan pastikan pula sering-seringlah mengganti celana dalam Anda, jangan yang udah dipake bertahun-tahun masih dipertahankan.

* * * * *
Buku Formula Cinta

LEAVE A REPLY